Belanda Jaga Peluang Lolos ke Piala Dunia, Portugal Tekan Swiss

Metrobatam, Jakarta – Timnas Belanda menjaga peluang untuk lolos ke putaran Piala Dunia 2018 setelah berhasil memetik kemenangan 3-1 atas Bulgaria dalam lanjutan kualifikasi Grup A di Amsterdam Arena, Sabtu (3/9).

Belanda yang mengincar kemenangan langsung tancap gas melancarkan serangan sejak menit awal. Alhasil, skuat asuhan Dick Advocaat berhasil mencetak gol keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit.

Umpan tarik Daley Blind berhasil disempurnakan Davy Proepper. Namun, gol dari Proepper ternyata menjadi satu-satunya gol di babak pertama.

Belanda sukses menggandakan keunggulan lewat aksi Arjen Robben di menit ke-67. Winger Bayern Munich itu berhasil memanfaatkan umpan tarik terukur dari Blind.

Bacaan Lainnya

Bulgaria sempat bangkit dan mencetak gol balasan di menit ke-69 melalui Georgi Kostadinov. Namun, Proepper berhasil mencetak gol keduanya di menit ke-80 sekaligus menutup kemenangan Belanda 3-1.

Ini menjadi kemenangan penting bagi Belanda yang tengah berjuang keras lolos ke Piala Dunia Rusia. De Oranje kini berada di posisi tiga klasemen sementara Grup A dengan torehan 16 poin.

Sementara itu, Swedia berada di puncak klasemen usai menaklukkan Belarusia 4-0. Swedia kini mengoleksi 16 poin, sama dengan perolehan Perancis yang akan bermain melawan Luxembourg nanti.

Dengan dua pertandingan tersisa, peluang Belanda untuk lolos terbilang menipis. Namun, Robben dkk masih punya kans jika berhasil menang di laga terakhir menghadapi Swedia.

Portugal Tekan Swiss

Portugal mencatat kemenangan penting untuk menjaga asa meraih tiket langsung ke Piala Dunia 2018 setelah sukses mengalahkan Hungaria dalam laga kualifikasi Grup B zona Eropa, Minggu (3/9) waktu setempat.

Pada laga yang berlangsung di Groupama Arena, Budapest, Portugal berhasil menang tipis 1-0. Gol semata wayang itu dicetak oleh Andre Silva yang berhasil menyempurnakan umpan Cristiano Ronaldo.

Baik Portugal maupun tuan rumah Hungaria tampil dengan tempo tinggi di babak pertama. Kedua tim saling menciptakan peluang berbahaya, namun belum ada gol yang berhasil ditorehkan.

Portugal baru berhasil mencuri gol keunggulan tiga menit setelah kick-off babak kedua dimulai. Umpan silang Ronaldo disambut sempurna oleh Silva lewat tandukan yang gagal diantisipasi kiper Peter Gulacsi.

Gol tunggal Andre Silva ternyata cukup mengantar Selecao das Aquinas meraih kemenangan penting di Budapest. Tambahan tiga poin membuat Portugal terus menempel Swiss di puncak klasemen.

Portugal kini berada di posisi kedua klasemen, tertinggal tiga angka dari Swiss yang mengoleksi 24 poin. Posisi puncak klasemen masih bisa diperebutkan saat kedua tim bersua di laga terakhir.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Andora pada 8 Oktober. Tiga hari berselang Ronaldo dan kolega akan menjamu Swiss.

Juara grup berhak melaju ke putaran final Piala Dunia 2018, sementara runner-up harus berjuang kembali di babak play-off. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait