Brasil – Kolombia Imbang, Chile Ditumbangkan Bolivia 0-1

Barranquilla – Timnas Brasil menuai hasil imbang di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. Menyambangi kandang Kolombia, Selecao membawa pulang hasil imbang 1-1.

Saat menjalani pertandingan di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, Barranquilla, Rabu (6/9) dinihari WIB, Brasil langsung menekan. Percobaan Paulinho pada menit keempat, masih bisa diblok hingga cuma berbuah corner kick.

Di babak pertama, Brasil sedikitnya delapan kali melepaskan percobaan, dua mencapai sasaran. Usaha itu baru membuahkan hasil pada penghujung babak pertama lewat tendangan Willian.

Lewat sebuah umpan panjang, Neymar memberikan bola sodoran untuk Willian yang ada di muka kotak penalti Kolombia. Dengan tendangan keras, pemain Chelsea itu menjebol gawang Kolombia.

Bacaan Lainnya

Kolombia bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-56. Radamel Falcao yang mencatatkan namanya di papan skor. Santiago Arias mengirimkan umpan silang terukur ke muka gawang Brasil, yang berhasil disundul oleh Falcao masuk ke gawang yang dikawal oleh Alisson.

Kolombia nyaris berbalik unggul pada menit ke-60. Tendangan bebas James Rodriguez masih membentur tiang kanan gawang Brasil. Neymar mengancam pada menit ke-80. Sial bagi Brasil, tendangan pemain termahal dunia itu masih menyamping.

Peluang Brasil empat menit kemudian juga terbuang. Umpan silang Willian tak bisa dimaksimalkan oleh Neymar. Hingga pertandingan selesai tak ada gol tambahan, skor imbang 1-1 bertahan hingga laga bubar.

Dengan tambahan satu angka ini, Brasil ada di posisi pertama klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol dengan raihan 37 poin. Kolombia menempati posisi kedua dengan koleksi 26 poin.

Susunan Pemain

Kolombia: Ospina; Arias, Zapata, D. Sanchez, Fabra (Tesillo 85); C. Sanchez, Aguilar; Cuadrado (Chara 46), James Rodriguez, Cardona (Gutierrez 70); Falcao

Brasil: Alisson; D. Alves, Thiago Silva (Ciao 90), Marquinhos, F. Luis; Fernandinho, Paulinho, Augusto (Coutinho 75); Willian, Firmino (Gabriel Jesus 62), Neymar

Chile Ditumbangkan Bolivia

Semntara Chile dipaksa bertekuk lutut oleh Bolivia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL. La Roja kalah 0-1. Bertanding di Estadio Hernando Siles yang berada di ketinggian 3.637 meter di atas permukaan laut, Rabu (6/9) dinihari WIB, Chile tampak kesulitan menghadapi Bolivia.

Peluang pertama dihadirkan tuan rumah di menit kedua. Pablo Escobar melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun masih bisa diblok pemain Chile.

Empat menit berselang, giliran Juan Carlos Arce yang melepaskan tendangan. Namun bola masih belum membahayakan gawang Chile yang dijaga Claudio Bravo.

Chile membalas di menit ke-11. Mendapat sodoran Eduardo Vargas, Arturo Vidal melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola bisa diamankan penjaga gawang Bolivia, Carlos Lempe.

Perlahan tapi pasti, Chile bisa keluar dari tekanan. Namun serangan yang coba mereka bangun kerap patah dengan perangkap offside tuan rumah.

Di menit ke-24, Alexis Sanchez menebar ancaman untuk Bolivia. Mendapat ruang tembak yang bagus di luar kotak penalti, sepakannya malah melambung ke atas.

Di sisa waktu babak pertama, Chile mendominasi jalannya laga. Namun tidak ada gol tercipta. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Bolivia mendapat gol pada menit ke-59. Hand ball Marcelo Diaz di kotak terlarang membuat Chile diganjar hukuman penalti. Arce yang jadi eksekutor tak membuang kesempatan untuk membawa Bolivia memimpin 1-0.

Chile cukup kesulitan mencetak gol penyeimbang. Peluang Alexis Sanchez pada menit ke-75 dan 77 gagal mengarah ke gawang Bolivia.

Bolivia bisa sesekali menebar ancaman. Arce bisa melepaskan tendangan dari luar kotak penalti di menit 83, namun masih melebar.

Di menit-menit akhir, Bolivia mesti bermain dengan sepuluh orang. Itu setelah Alejandro Chumacero mendapat kartu kuning keduanya. Meski begitu, Bolivia bisa mempertahankan kemenangan 1-0 atas Chile hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Chile turun ke peringkat kelima klasemen dengan perolehan 23 poin dari 16 laga. Sementara kemenangan tak mengubah posisi Bolivia, dengan masih di peringkat sembilan dengan poin 13.

Susunan Pemain

Bolivia: Carlos Lampe, Diego Bejarano, Edward Zenteno, Ronald Raldes, Jorge Flores, Lionel Justiniano, Juan Gabriel Valverde (Jordy Candia 73′), Juan Carlos Arce, Jhasmany Campos (Alejandro Chumacero 66′), Marcelo Pablo Escobar (Gilbert Candia 46′)

Chile: Claudio Bravo, Jean Beausejour, Paulo Diaz, Gary Medel, Mauricio Isla, Marcelo Diaz (Jorge Valvidia 66′), Gato Silva, Arturo Vidal (Leonardo Valencia 80′), Pablo Hernandez, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas (Esteban Paredes 63′).(mb/detik)

Pos terkait