Bupati Bintan Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Pusat

Metrobatam.com, Bintan – Kabupaten Bintan kembali terpilih untuk dilakukan verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017. Untuk itu, pada Senin siang (18/9) Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos yang juga sebagai Pembina Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan.

Dalam sambutannya, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos merasa bangga karena Kabupaten Bintan telah masuk dalam 78 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia yang dinyatakan lolos verifikasi ke Tingkat Nasional. Menurutnya, hal ini merupakan suatu prestasi tersendiri dimana hal ini menjadi gerakan moral bagi masyarakat Kabupaten Bintan untuk bersama-sama melakukan pembangunan yang berorientasi pada kesehatan, apalagi letak posisi strategis Kabupaten Bintan yang berbatasan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

“ Hari ini kita merasa gembira menyambut kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Tingkat Pusat, karena tidak mudah untuk lolos dalam 78 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia ” Ujarnya .

Sementara itu, Ketua Umum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Hj Deby Apri Sujadi mengatakan bahwa Tim Verifikasi Pusat akan menyebar melakukan penilaian selama 2 hari di beberapa lokasi sesuai dengan tatanan yang diajukan. Untuk Tahun ini, ada 9 Kecamatan , 14 Kelurahan dan 29 Desa yang diikutsertakan dalam penilaian verifikasi. Belum lagi, Lokasi Perkantoran, Kawasan Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Industri dan Pariwisata , Sekolah-sekolah serta Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) yang menjadi fokus objek penilaian.

Bacaan Lainnya

” lokasi yang menjadi penilaian, akan disesuaikan dengan pengajuan Tatanan yang diajukan, 4 Tatanan penilaian antara lain Kawasan Permukiman , Sarana dan Prasarana Umum , Kehidupan Masyarakat Sehat Dan Mandiri ,
Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat serta Kawasan Pariwisata Sehat. Kita juga optimis Kabupaten Bintan akan kembali meraih Penghargaan Swastisaba Kategori Wiwerda tahun ini ” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Tingkat Nasional, Deky Virandola mengucapkan selamat kepada Kabupaten Bintan yang kembali terpilih dalam penilaian Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat TK Nasional untuk Kategori Wiwerda. Dirinya juga mengapresiasi karena Kabupaten Bintan yang telah berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat TK Nasional Tahun 2015 dengan Kategori Padapa , pada Tahun 2017 ini meningkatkan sasaran penilaian ke Kategori Wiwerda.

Ditambahkannya juga, bahwa program Kabupaten/Kota Sehat seyogyanya bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan saja, namun menjadi tanggung jawab lintas sektoral dari pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

” Kita apresiasi atas apa yang telah dilakukan Kabupaten Bintan , dimana tahun ini meningkatkan sasaran Kategori dari Padapa ke Kategori Wiwerda ” tutupnya.

 

Budi Mb

Pos terkait