Capai Ratusan, Pelabuhan di Batam akan Ditata Pemerintah

Menteri Perhubungan, Budi Sumadi

Metrobatam.com, Batam – Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, akan menata pelabuhan di Batam yang saat ini jumlahnya mencapai ratusan karena membuat daya saing dengan negara lain menurun.

“Kita akan evaluasi pelabuhan. Yang belum ada izin, segera mengajukan izin tapi nanti kita liat lagi. Kalau memungkinkan pelabuhan digabung,” katanya, saat bertemu dengan puluhan pelaku usaha jasa transportasi laut, di Batam, Minggu.

Dia mengatakan, jumlah pelabuhan di Batam sudah mencapai ratusan karena masing-masing pengusaha membuat pelabuhan sendiri.

“Kami teliti mana tidak produktif. Masa tiap ada usaha, bikin pelabuhan. Dari ratusan pasti ada yang tidak produktif. Makin banyak pelabuhan, makin tidak kompetitif,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pelabuhan yang tidak produktif akan ditawarkan kepada pihak lain. Kalau pelabuhan itu menjadi galangan kapal maka tetap jadi galangan kapal. Kalau pelabuhan umum maka akan dikaji dulu peruntukannya.

Akibat banyak pelabuhan, pengusaha indonesia menjadi pengumpul barang ke negara tetangga lalu dikirim ke negara lain.

Pada bagian lain saat bertemu dengan pengusaha jasa transportasi laut, dia meminta para pengusaha ikut mendukung pemerintahan yang bersih dengan tidak menawari jajarannya untuk tidak berbuat benar.

Di sisi lain, kepada jajarannya, dia meminta tidak mempersulit perijinan, melayani dengan bak, dan menjaga integritas.

 

Antara

Pos terkait