Diancam Pasal Tipikor, Pansus DPR Minta KPK Belajar dari Kapolri

Metrobatam, Jakarta – Ketua KPK Agus Rahardjo mempertimbangkan menerapkan pasal obstruction of justice terhadap Pansus Hak Angket KPK karena dianggap merintangi kerja. Anggota Pansus KPK F-PPP Arsul Sani menyayangkan sikap Agus yang main ancam.

Arsul menyarankan KPK dalam berkomunikasi sebaiknya belajar kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Arsul punya pertimbangan atas sarannya ini.

Read More

“Komisi III dengan Polri kan nggak selalu mulus, ada pertanyaan tajam. Apa yang dilakukan Kapolri? Kalau ada yang panas, yang dilakukan Kapolri dia berkomunikasi tak di ruang publik, tapi tertutup,” ujar Arsul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/9).

Arsul mencontohkan beberapa rapat Komisi III dengan Polri di mana banyak kritik tajam kepada Kapolri seperti soal makar dan sebagainya. Arsul menyebut Kapolri dapat meredam Komisi III dengan gaya komunikasi yang baik.

“Kapolri yang punya 245 ribu anggota, punya senjata, punya Densus, tak mengancam. Bisa saja dia mengancam, (Komisi III) bisa dituntut tapi bukan pilihan yang dilakukan (Kapolri),” tutur Arsul.

Arsul menyebut pimpinan KPK era Agus Rahardjo gagal membangun komunikasi dengan DPR. Sekjen PPP ini mengatakan KPK cenderung menutup komunikasi dengan DPR dan merasa sempurna.

“Di mindset pimpinan KPK, (mereka) menikmati dukungan tinggi publik (melalui) LSM, opinion making. Apa yang dikerjakan, dia merasa benar, meski dibantah KPK bukan malaikat oleh Febri (Jubir KPK) tapi (seperti) setengah malaikat,” terang Arsul.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal keabsahan hak angket DPR. Agus juga mengatakan, pihaknya bisa menerapkan pasal Tipikor ke pansus angket.

“Kemudian kita sedang mempertimbangkan, misalnya kalau begini terus, (pasal) obstructions of justice (merintangi penyidikan) kan bisa kita terapkan. Karena kita sedang menangani kasus yang besar selalu dihambat,” ujar Agus Rahardjo kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (31/8).(mb/detik)

Loading...

Related posts