Metrobatam.com, Batam – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus, Lucky Agung Binarto mengatakan, aplikasi E-Clearance ini merupakan suatu inovasi yang dibentuk untuk membantu kinerja petugas imigrasi dalam mengawasi kapal-kapal. E-Clearance juga dapat membantu dan memudahkan pihak perusahaan maupun agen pelayaran dalam urusan pendataan kapal. Imigrasi Kelas 1 Batam juga melakukan tentang Marine Transport Monitoring System. Sistem ini melakukan pengawasan lalu lintas alat angkut laut berbasis elektronik (E-Clearance).

Dalam penuturan parlindungan selaku kabid Darinsuk, E-Clearance merupakan suatu inovasi yang dibentuk dalam membantu kinerja petugas imigrasi dalam pengawasan kapal-kapal, serta dapat bersinergi dan memudahkan bagi perusahaan/agen pelayaran dalam pelayanan pengurusan pendataan kapal. Lanjut parlindungan, selama ini pendataan dilakukan secara manual, dimana perusahaan/agen pelayaran datang dan melapor ke petugas imigrasi. Dengan adanya aplikasi E-Clearance ini, maka semua yang dilakukan secara manual dapat dilakukan dengan cara elektronik/online.

“Dengan dibentuknya inovasi pelayanan E-Clearance ini, kapal-kapal yang masuk ke wilayah perairan Indonesia terutama wilayah perairan Batam dapat di pantau langsung dari satelit oleh petugas imigrasi, dilayar tampak mana kapal-kapal yang sudah/belum melakukan E-Clearance.”katanya.

“E-Clearance juga dapat membantu dan memudahkan pihak perusahaan maupun agen pelayaran dalam urusan pendataan kapal.”

Ia menuturkan, selama ini pendataan dilakukan secara manual, dimana perusahaan ataua agen pelayaran datang dan melapor ke petugas imigrasi, dengan adanya inovasi pelayanan E-Clearance ini selain memudahkan petugas dalam pengawasan juga bisa memantau kapal-kapal yang masuk ke wilayah perairan Indonesia. Terutama wilayah perairan Batam dapat dipantau langsung dari satelit oleh petugas Imigrasi, dalam dilayar monitor akan tampak kapal-kapal yang sudah maupun belum melakukan E-Clearance, “katanya.

“Inovasi yang di berlakukan Imigrasi Kelas 1 Batam ini, merupakan yang pertama kali di Indonesia dan akan segera Launching dalam tahun ini. Aplikasi ini akan diberlakukan wajib kepada seluruh perusahaan pelayaran kapal-kapal yang masuk diseluruh dan khususnya wilayah Kepri. “inovasi yang dibentuk Imigrasi Kelas 1 Batam ini, merupakan yang pertama kali di Indonesia dan akan segera Laungching dalam tahun ini.” Tutupnya.

Toni Mb

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...