Kapal Kayu Batam-Karimun Tenggelam, 4 Kru Kapal Berhasil Diselamatkan

Metrobatam, Batam – Kapal kayu KM Hema rute Batam-Tanjungbalai Karimun pengangkut besi tenggelam di perairan Pulau Tekong Batam pada titik koordinat TW 0929 08.48 G, Jumat (29/9) pagi.

Empat kru kapal yakni Efendi (53) selaku nahkoda kapal, dan tiga anak buah kapal (ABK) Ruslan (37), Danu (32), dan Supri (26), berhasil diselamatkan oleh KN Bhisma Badan SAR Nasional (Basarnas). Diduga kapal tersebut tenggelam karena cuaca buruk.

Read More

Basarnas yang mendapat informasi kecelakaan itu dari pihak TNI AL langsung menerjunkan KN Bhisma untuk menyelamatkan empat kru kapal. Setelah tim SAR tiba di lokasi dan melakukan pencarian korban.

Keempat korban ditemukan terapung dalam kondisi selamat. Pencarian turut dibantu oleh Pos TNI AL Pulau Sambu. Kemudian, keempat kru kapal langsung dievakuasi petugas menuju pangkalan Basarnas Sekupang, Batam.

Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang Djunaidi mengatakan, keempat kru kapal yang sempat hanyut terbawa arus laut berhasil ditemukan oleh petugas dengan kondisi selamat. Dia menuturkan, saat ini KN Bhisma langsung mengevakuasi korban untuk mendapatkan pertolongan pertama pada kecelakaan di pangkalan Basarnas.

“Kru kapal berhasil kita selamatkan dalam kondisi selamat tak jauh dari lokasi kejadian. (Korban) Sudah dievakuasi ke pangkalan SAR Sekupang,” kata Djunaidi melalui telepon.

Dia menuturkan, penyebab tenggelamnya kapal diduga karena cuaca buruk. Saat kejadian, kondisi cuaca di perairan Batam hujan lebat dengan angin kencang sehingga keseimbangan kapal goyah dihantam ombak.

“Kemungkinan kecelakaan disebabkan cuaca buruk, tadi pagi perairan Batam hujan lebat dan angin kuat,” ujar dia.

Hingga kini keempat kru kapal dalam kondisi sehat. Setelah ditemukannya keempat kru kapal, operasi pencarian telah dihentikan.

“Karena sudah ditemukan kru kapal, operasi pencarian telah selesai,” kata Djunaidi. (mb/okezone)

Loading...

Related posts