Kualifikasi Piala Dunia 2018: Spanyol Pesta Gol, Arab dan Korsel Lolos

Metrobatam, Jakarta – Timnas Spanyol begitu digdaya saat bertamu ke markas Liechtenstein dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 grup G zona UEFA, Rabu (6/9) dini hari WIB.

Daam pertandingan tersebut, timnas dengan julukan Matador itu menang telak 8-0. Delapan gol itu dilesakkan Sergio Ramos, Alvaro Morata (2), Isco, David Silva, iago Aspas (2), dan gol bunuh diri Maximiilan Goppel di masa ujung laga.

Kemenangan itu pun mengantar Spanyol berpeluang meraih tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Dua pertandingan tersisa, dan pesaing terdekat Spanyol hanyalah Italia dengan selisih tiga poin saat ini. Saat Spanyol berpesta gol, Italia hanya mampu menang 1-0 atas tim tamu, Israel.

Di Grup D, Serbia masih memimpin perburuan tiket langsung ke Rusia berkat kemenangan atas tuan rumah Irlandia. Serbia memimpin di puncak klasemen dengan selisih empat poin atas Wales.

Bacaan Lainnya

Pada laga kualifikasi dini hari tadi, Wales menang 2-0 atas tuan rumah Moldova.

Sementara itu, di Grup I, terjadi persaingan ketat antara Kroasia, Islandia, Turki, dan Ukraina untuk lolos langsung. Kroasia masih memimpin di puncak klasemen walau pada dini hari tadi kalah 0-1 dari Turki. Kroasia di puncak klasemen dengan poin 16, disusul Islandia dengan poin sama. Kemudian di tempat selanjutnya adalah Turki dan Ukraina dengan koleksi 14 poin dari dua laga tersisa.

Arab dan Korsel Lolos ke Rusia

Sebelumnya, di zona Asia (AFC), Korea Selatan dan Arab Saudi memastikan satu tiket ke PIala Dunia 2018.

Korsel memastikan diri ke Rusia usai bermain imbang tanpa gol dengan Uzbekistan. Hasil itu menempatkan Korsel di peringkat dua klasemen akhir Grup A dengan torehan 15 poin dari 10 laga. Korsel pun menyusul pemuncak klasemen, Iran, yang telah memastikan ke Rusia sejak Juni lalu.

Sementara itu, di Grup B kualifikasi zona AFC, Arab Saudi menjadi tim keempat dari Asia yang lolos ke Piala Dunia 2018 langsung. Arab meraih tiket itu usai menekuk Jepang 1-0, Selasa (5/9).

Gol semata wayang Fahad Al Muwallad pada babak kedua memastikan Negara Gurun Pasir melangkah ke putaran final Piala Dunia untuk kali kelima. Sebelumnya, Arab bertarung di Pputaran final Iala Dunia pada 1994, 1998, 2002, dan 2006.

Arab menjadi tim kedua dari Grup B yang meraih tiket. Sebelumnya, Jepang telah memastikan diri ke Rusia lebih dulu. Sementara itu, di grup ini, Australia harus berjuang lewat babak play-off terlebih dulu. Dan, di grup A yang harus berjuang lewat play-off adalah Suriah.

Hasil imbang ini menempatkan Korsel di peringkat kedua klasemen akhir Grup A dengan perolehan 15 poin dari 10 laga. Korsel berada di bawah Iran (22 poin), yang sudah memastikan diri lolos sejak bulan Juni lalu.

Korsel menjadi negara Asia ketiga yang lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka menyusul Iran dan Jepang yang lebih dulu lolos.

Sementara itu, Suriah yang berada di peringkat ketiga dengan jumlah poin sama akan menjalani play-off melawan tim peringkat ketiga Grup B. Pemenang dari play-off tersebut selanjutnya akan melawan wakil dari zona Amerika Utara dan Tengah untuk memperebutkan tempat di putaran final. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait