Liga Champions: Kane Dua Gol, Spurs Kalahkan Dortmund 3-1

London – Tottenham Hotspur mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 di matchday 1 Liga Champions. Harry Kane menyumbangkan dua gol untuk Spurs pada laga ini.

Bermain di Stadion Wembley, Kamis (14/9) dinihari WIB, Spurs memimpin 1-0 lewat gol cepat Son Heung-min. Gol tersebut lahir pada menit keempat.

Dortmund sempat menyamakan skor 1-1 di menit ke-11 lewat gol Andriy Yarmolenko. Namun, di menit ke-15 Spurs kembali unggul lewat gol Kane, yang membawa mereka memimpin 2-1 hingga turun minum.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-60, Kane kembali merobek gawang Dortmund. Spurs pun menutup laga dengan kemenangan 3-1.

Bacaan Lainnya

Dengan hasil ini, Spurs mendapatkan tiga poin dan duduk di posisi kedua klasemen Grup H. Mereka ada di bawah Real Madrid, yang mengalahkan APOEL 3-0 pada laga lainnya. Adapun Dortmund duduk di posisi ketiga dengan poin nol.

Jalannya Pertandingan

Spurs mampu menguasai jalannya permainan di awal-awal laga. Mereka berhasil menciptakan gol di menit keempat lewat kaki Son. Son menerima umpan panjang, yang dilanjutkan dengan aksi solo-run menuju kotak penalti Dortmund. Son pun kemudian melepaskan tembakan kaki kiri ke tiang dekat yang tak bisa diantisipasi kiper Roman Buerki.

Tertinggal satu gol Dortmund langsung bereaksi. Mereka melancarkan serangan pertama lewat umpan satu-dua antara Shinji Kagawa dengan Pierre-Emerick Aubameyang, namun usaha itu berhasil dihentikan lawan sebelum masuk ke dalam kotak penalti.

Usaha Dortmund untuk menyamakan skor menjadi 1-1 baru berhasil di menit ke-11. Yarmolenko menjebol gawang Spurs melalui tembakan melengkung dari luar kotak penalti.

Sial bagi Dortmund, selang empat menit kemudian Spurs kembali unggul. Kane melakukan aksi individu untuk menusuk ke kotak penalti Dortmund. Kane mengakhiri aksinya dengan tembakan kaki kiri yang membawa timnya unggul 2-1.

Spurs lebih banyak bertahan setelah kembali unggul. Tim besutan Mauricio Pochettino itu cenderung membayang-bayangi pemain lawan yang sedang menguasai bola.

Dortmund punya peluang pada menit ke-30. Umpan Kagawa diterima oleh Christian Pulisic, yang kemudian menggiringnya ke dalam kotak penalti untuk melepaskan umpan silang mendatar ke arah Aubameyang, namun bola lebih dulu berhasil dipotong pemain lawan.

Selang enam menit kemudian Dortmund mendapatkan peluang emas. Umpan silang Aubameyang dari sisi kanan disontek oleh Pulisic. Namun, tak berbuah gol karena bola melenceng dari sasaran.

Dortmund tak berhenti menekan Spurs sepanjang sisa babak pertama. Serangan dari berbagai sisi mereka lakukan untuk menyamakan skor, namun tak ada yang membuahkan gol. Hingga turun minum, skor 2-1 tetap bertahan untuk tim tuan rumah.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Spurs mendapat dua peluang emas. Kesempatan pertama datang lewat kaki Kane yang lolos dari posisi offside setelah menerima umpan dari Christian Eriksen. Namun, kesempatan itu tak berbuah gol setelah bola sepakan Kane melambung di atas gawang.

Kesempatan kedua datang lewat kaki Son, yang juga lepas dari posisi offside setelah mendapat umpan dari Kane. Son melakukan satu gerak tipu ke pemain lawan untuk kemudian melepaskan tembakan, namun bola masih melambung.

Di menit ke-56 Aubameyang berhasil melesakkan bola ke gawang Spurs setelah menyambar bola hasil umpan silang Mahmoud Dahoud. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah striker asal Gabon itu dinilai berada dalam posisi offside. Jika melihat dari tayangan ulang, Aubameyang sebenarnya dalam posisi onside.

Empat menit setelah gol Aubameyang dianulir, Spurs berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Kane melesakkan gol keduanya di laga ini setelah mendapat sodoran bola dari Eriksen.

Di menit ke-66, pelatih Peter Bosz membuat pergantian di sektor tengah Dortmund dengan menarik Kagawa dan memasukkan Mario Goetze. Perubahan ini nyaris membuahkan hasil di menit ke-69.

Sepak pojok Goetze berhasil disambut Nuri Sahin dengan tandukan kepala, namun bola mengarah ke Aubameyang yang langsung disambarnya ke arah gawang. Sial bagi Dormund, bola sepakan Aubameyang masih bisa dimentahkan Hugo Lloris.

Dortmund kembali mengancam pertahanan Spurs di menit ke-82. Pulisic melepaskan umpan silang dari sisi kanan. Namun, bola tak bisa disambut oleh rekan satu timnya hingga meluncur ke luar lapangan.

Di masa injury tim Spurs harus bermain dengan 10 pemain setelah Jan Vertonghen diganjar kartu kuning kedua usai kedapatan menyikut lawan. Beruntung untuk tim tamu, kekalahan jumlah pemain itu tak berdampak pada hasil laga. Kane dkk. berhasil menutup laga dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris; Aurier, Alderweireld, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele; Eriksen, Son (Sissoko 83′), Kane (Llorente 87′).

Borussia Dortmund: Burki; Piszczek, Sokratis, Toprak (Zagadou 80′), Toljan; Sahin, Dahoud (Castro 72′), Kagawa (Goetze 66′); Yarmolenko, Aubameyang, Pulisic. (mb/detik)

Pos terkait