Liga Champions: Susah Payah, Gol Bunuh Diri Menangkan Barcelona

Lisbon – Barcelona membawa pulang poin penuh dari lawatannya ke markas Sporting Lisbon. Blaugrana terbantu sebuah gol bunuh diri untuk mengalahkan tim tuan rumah 1-0.

Menghadapi Sporting dalam lanjutan Liga Champions di Estadio Jose Alvalade, Kamis (28/9/2017) dinihari WIB, Barca menang berkat gol bunuh diri Sebastian Coates pada menit ke-49.

Barca tampil lebih dominan di sepanjang laga. Mereka punya peluang-peluang untuk menang dengan skor yang lebih besar, tapi gagal memaksimalkannya. Sebaliknya, Sporting juga memiliki sejumlah kesempatan bagus yang akhirnya terbuang percuma.

Hasil ini menempatkan Barca di puncak klasemen Grup D dengan perolehan enam poin dari dua laga. Sporting duduk di posisi kedua dengan tiga poin.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Setelah 15 menit yang minim peluang, Sporting punya kans bagus untuk unggul pada menit ke-17. Bek kanan Cristiano Piccini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun arahnya masih sedikit melambung.

Barca mendapatkan peluang ganda pada menit ke-28. Sepakan Luis Suarez ke tiang dekat dimentahkan oleh kiper Rui Patricio. Suarez kemudian mengoperkan bola kepada Lionel Messi, tapi sundulan Messi mengarah tepat ke Patricio.

Peluang Sporting lewat Bruno Fernandes semenit kemudian juga tak berujung gol. Sepakan Fernandes dari luar kotak penalti bisa diantisipasi oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Penyerang Sproting, Seydou Doumbia, melakukan diving demi mendapatkan tendangan bebas. Tapi, yang dia dapatkan adalah kartu kuning dari wasit.

Tak cuma itu saja. Doumbia juga mengalami cedera gara-gara aksi menjatuhkan diri yang dilakukannya. Pemain asal Pantai Gading itu akhirnya ditarik keluar menjelang berakhirnya babak pertama.

Hingga turun minum, belum ada perubahan skor. Sporting 0, Barcelona 0.

Barca memulai babak kedua dengan sangat baik. Tim tamu memimpin 1-0 lewat gol bunuh diri Coates. Gol bunuh diri ini diawali oleh tendangan bebas Messi. Bola mengenai kaki Coates dan mengarah ke gawang Sporting tanpa bisa dihentikan Patricio.

Memasuki menit ke-66, Messi punya peluang untuk memperbesar keungggulan Barca. Namun, tendangan bebasnya melambung.

Lima menit kemudian, Fernandes menyia-nyiakan kesempatan untuk menyamakan skor. Kesalahan Sergi Roberto dimanfaatkan Bas Dost untuk memberikan operan kepada Fernandes, tapi penyelesaian Fernandes dimentahkan oleh Ter Stegen.

Gelandang Barca, Paulinho, juga membuang peluang emas pada menit ke-86. Berawal dari kesalahan Coates, Paulinho tinggal berhadapan dengan Patricio, tapi sepakannya digagalkan oleh kiper Sporting itu.

Skor akhirnya tak berubah hingga laga usai. Barca membawa pulang kemenangan 1-0 atas Sporting.

Susunan Pemain

Sporting Lisbon: Rui Patricio; Piccini, Mathieu, Coates, Coentrao (Silva 74′); Acuna (Cesar 73′), William, Battaglia, Gelson; Bruno Fernandes; Doumbia (Dost 44′)

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Jordi Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta (Paulinho 80′); Sergi Roberto (Andre Gomes 87′), Messi, Suarez (Vidal 89′). (mb/detik)

Pos terkait