Menang 5-0 atas Cologne, Dortmund Puncaki Klasemen

Dortmund – Borussia Dortmund menang telak 5-0 saat menjamu Cologne. Kemenangan itu membawa mereka memuncaki klasemen Liga Jerman.

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park, Minggu (17/9) malam WIB, Dortmund sudah langsung unggul saat laga memasuki menit kedua. Umpan silang Andriy Yarmolenko dari sisi kanan disambar sundulan Maximilian Philipp.

Meski amat dominan dan terus menekan sepanjang babak pertama, tapi tuan rumah harus menunggu untuk mendapatkan gol kedua. Baru di masa injury time mereka menggandakan keunggulan lewat Sokratis Papastathopoulos.

Gol tercipta dari sepak pojok, di mana kiper Timo Horn gagal menangkap bola di udara. Sokratis lantas mencocor bola liar ke dalam gawang. Wasit sempat menilai ada pelanggaran terhadap kiper di sana, tapi kemudian mengesahkan gol setelah menggunakan Video Assistant Review (VAR).

Bacaan Lainnya

Gol ketiga Dortmund juga melibatkan VAR. Di menit ke-58, sundulan Philipp mengenai tangan Lukas Kluenter dan wasit perlu mengecek kembali kejadian itu lewat tayangan video. Penalti diberikan untuk Dortmund dan diselesaikan dengan baik oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Tak lama setelah penalti tersebut, Dortmund langsung mencetak gol keempat. Lukasz Piszczek menerima umpan terobosan di sisi kanan dan meneruskannya ke tengah. Aubameyang lolos dari pengawalan dan mencocornya melewati Horn, bola masuk ke dalam gawang.

Dortmund menegaskan kemenangan menjadi 5-0 di menit ke-69. Mahmoud Dahoud memberikan umpan terobosan ke Philipp di sisi kiri dan diselesaikan dengan tendangan cungkil melewati Horn.

Itu menjadi gol terakhir dalam laga di mana Dortmund tampil amat dominan. Tambahan tiga poin ini membawa skuat asuhan Peter Bosz tersebut memuncaki klasemen dengan nilai 10 dari empat laga, unggul selisih gol dari Hannover di posisi dua. Sementara Cologne belum beranjak dari posisi juru kunci karena belum mendapatkan poin.

Susunan pemain:

Dortmund: Buerki; Zagadou, Toprak, Sokratis, Piszczek; Dahoud, Sahin (Weigl 67′), Castro; Philipp, Aubameyang (Isak 85′), Yarmolenko (Pulisic 66′)

Cologne: Horn; J.Horn, Heintz, Jorge Mere, Klunter; Bittencourt (Zoller 56′), Hoger (Jojic 64′), Lehmann, Risse; Osako (Sorensen 64′), Cordoba. (mb/detik)

Pos terkait