Penampilan MU Puaskan Mourinho, Libas Everton 4-0

Manchester – Manchester United memetik kemenangan telak di pekan kelima Premier League. The Red Devils melibas tamunya, Everton, dengan skor meyakinkan 4-0.

Menjamu Everton di Old Trafford, Minggu (17/9), MU tak diperkuat Paul Pogba yang mengalami cedera hamstring. Posisi Pogba di lini tengah digantikan oleh Marouane Fellaini.

Tanpa Pogba, MU tetap tampil perkasa. Tim tuan rumah unggul 1-0 di babak pertama melalui gol cepat Antonio Valencia pada menit keempat.

Pada paruh kedua, ada tiga gol tambahan yang dicetak MU. Tiga gol itu dibagi rata oleh Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-83, Romelu Lukaku pada menit ke-89, dan Anthony Martial di injury time.

Bacaan Lainnya

Berkat kemenangan ini, MU kini memimpin klasemen sementara bersama Manchester City. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 13 poin dengan selisih gol sama, +14. Jumlah gol dan jumlah kemasukan pun sama. Adapun Everton terpuruk di posisi ke-18 dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama yang didapatkan MU langsung berbuah gol. Pada menit keempat, Valencia mencetak sebuah gol indah untuk membawa tim tuan rumah memimpin.

Gol ini berawal dari penguasaan bola oleh Nemanja Matic di luar kotak penalti Everton. Matic kemudian mengirimkan bola ke Valencia yang berada di sisi kanan. Tanpa mengontrol bola, Valencia langsung melepaskan tembakan voli yang merobek gawang Everton.

Everton, yang lebih banyak bertahan, punya kans untuk menyamakan skor pada menit ke-21. Umpan silang Cuco Martina disambar Wayne Rooney, tapi arah bola sedikit melebar.

Salah umpan yang dilakukan oleh Michael Keane pada menit ke-26 nyaris berakibat fatal untuk Everton. Bola dikuasai oleh Lukaku, yang langsung berhadapan dengan kiper Jordan Pickford. Beruntung buat Everton, penyelesaian Lukaku melenceng.

Hingga berakhirnya babak pertama, tak ada gol tambahan yang tercipta. MU masih memimpin 1-0.

Babak kedua belum genap berjalan semenit, Everton nyaris menyamakan skor lewat Rooney. Beruntung buat MU, David de Gea dengan sigap mementahkan tembakan jarak dekat mantan rekan setimnya itu.

Memasuki menit ke-64, giliran MU yang nyaris memperbesar keunggulannya. Namun, eksekusi tendangan bebas Juan Mata hanya menghantam tiang gawang.

Everton yang berada dalam posisi tertinggal berusaha meningkatkan daya gedor dengan memasukkan Sandro Ramirez. Manajer Ronald Koeman kemudian juga menurunkan penyerang lainnya, Dominic Calvert-Lewin.

Bukannya menyamakan kedudukan, Everton malah kemasukan lagi saat laga memasuki menit ke-83. Gol Mkhitaryan membuat MU memimpin 2-0.

Gol Mkhitaryan adalah buah dari keteledoran bek Everton, Ashley Williams. Williams salah oper sehingga bola dikuasai Lukaku. Lukaku kemudian memberikan bola kepada Mkhitaryan, yang menuntaskannya menjadi gol.

MU menambah keunggulannya menjadi 3-0 pada menit ke-89. Kali ini Lukaku yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan bebas Lukaku memang cuma membentur pagar hidup, tapi bola kemudian dikuasai Matic, yang mengirimkan umpan silang ke mulut gawang. Jesse Lingard mencoba menyundulnya, tapi bola akhirnya mendarat di kaki Lukaku. Tanpa ampun, Lukaku menjebol gawang mantan klubnya.

Tak puas dengan tiga gol, MU memantapkan kemenangannya melalui gol penalti Martial di injury time. Penalti itu didapat tim tuan rumah setelah Morgan Schneiderlin melakukan handball. Martial yang jadi eksekutor dengan dingin memperdaya Pickford.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea; Valencia, Jones, Bailly, Young; Matic, Fellaini; Mata (Herrera 77′), Mkhitaryan (Martial 88′), Rashford (Lingard 61′); Lukaku

Everton: Pickford; Martina, Keane, Williams, Jagielka, Baines; Schneiderlin, Gueye (Calvert-Lewin 76′), Davies (Sandro 66′); Sigurdsson, Rooney (Mirallas 82′). (mb/detik)

Pos terkait