Yuk, Wisata Ke Batam, Ini 5 Wisata Kuliner Batam yang Wajib di Coba

Metrobatam.com, Batam – – Jika Sahabat Sporto berniat untuk menjelajahi Kota Batam, mungkin anda perlu mengetahui beberapa makanan khas Batam berikut ini. Kuliner khas Batam ini tidak kalah lezat dengan berbagai kuliner lainnya yang ada di Indonesia.

Dikutip dari spotourism.id. Pada artikel ini akan di bahas 5 Wisata Kuliner Batam yang tak Boleh terlewatkan, diantaranya: Gonggong, Sop Ikan Yong Kee, Mie Tarempa, Luti Gendang dan Mie Lendir. Berikut 5 Wisata Kuliner Batam yang tak Boleh Sahabat Sporto lewatkan.

1. Gonggong Khas Batam

Bacaan Lainnya

Kepulauan Riau, di kenal dengan Tempat Wisata Kuliner lautnya. Salah satunya adalah Gonggong. Jika liburan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau jangan lupa untuk menyicipi Gonggong. Inilah keong laut yang rasanya sedap dan bermanfaat buat kesehatan.

Hewan laut ini banyak terdapat di Pulau Batam, Lobam, Tanjung Uban, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Gonggong sendiri merupakan hewan laut (siput laut) yang bercangkang keras dan berbentuk panjang umumnya berwarna putih dengan motif garis cokelat dan abu. Berbeda dengan siput sawah yang sering di temui di pasar-pasar.

Uniknya, Gonggong disajikan lengkap dengan cangkangnya. Tentu perlu sedikit usaha untuk bisa memakan dagingnya. Siput Gonggong memiliki rasa unik yang agak mirip dengan cumi dan bertekstur kenyal. Perpaduan daging Gonggong yang lembut, lunak bersama cocolan sambal yang pedas menggigit begitu pas.

2. Sop Ikan Yong Kee Khas Batam

Batam di Kepulauan Riau terkenal dengan kuliner seafood yang nikmat. Salah satu olahan seafood yang populer di Batam adalah Sop Ikan. Tak sulit untuk menemukan penjual Sop Ikan di Kota Batam. Namun, ada sebuah kesegaran kaldu ikan dalam hidangan Sop Ikan, hal itu hanya didapatkan di rumah makan Yong Kee yang terletak di Jalan Engku Putri, Batam Centre maupun di Komplek Nagoya City Centre Blok E No 8-9, Nagoya, Batam.

Rumah makan Yong Kee menjual aneka olahan seafood, namun yang menjadi menu andalan adalah Sop Ikan. Tempat Wisata Kuliner ini memang tidak terlihat mewah, tapi bagian dalamnya cukup luas. Sop Ikan di sini porsinya lumayan besar, bahkan bisa untuk makan berdua.

Mereka menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama. Ada pula tambahan udang, cumi-cumi, mie, sawi, bawang goreng, daun selada serta tomat yang di iris memanjang dengan kuah yang jernih dan tidak kental.

3. Mie Tarempa Khas Batam

Mie Tarempa merupakan mie khas asal Kepulauan Riau. Tepatnya berasal dari, daerah Tarempa, Kabupaten Anambas. Di daerah Sei Panas, Batam, tepatnya di Jalan Laksamana Bintan, Kompleks Ruko Graha Mas, terdapat Tempat Wisata Kuliner Mie Tarempa yang lezat.

Mie Tarempa ini jika sekilas di lihat mirip seperti kwietiaw, kwietiaw biasanya bewarna pucet dan berbentuk pipih, sedangkan Mie Tarempa bewarna kuning dan bentuknya pipih tapi tidak terlalu lebar seperti kwietiaw pada umumnya.

Mie ini di olah sendiri dengan tepung dan telur. Tak jauh beda bentuk dan rasa dibandingkan dengan Mie Tarempa dari daerah asalnya. Mie Tarempa tersedia dengan pilihan mie goreng kering, lembab atau basah‎. Ciri khas mie goreng Tarempa adalah pedas dan di masak di campur dengan udang dan ayam menambah kenikmatan mie tersebut.

4. Luti Gendang Khas Batam

Luti Gendang adalah Tempat Wisata Kuliner khas Batam yang sering juga dijadikan oleh-oleh karena bentuknya sederhana tapi menarik perhatian, berbentuk lonjong memanjang, seperti kroket. Luti Gendang ini tersedia di banyak tempat, salah satunya di Ruko Sungai Panas-Batam Center.

Apabila dibandingkan dengan roti-roti kecil yang lain, Luti Gendang sangat berbeda di mana tekstur luar rotinya renyah dan dalamnya lembut. Roti atau sering di sebut Luti oleh orang Melayu di Batam berisikan ikan tuna segar yang telah di campur dan di bumbui dengan berbagai rempah-rempah khas Pulau melayu.

Tarempa Luti Gendang ini sangat cocok untuk dijadikan camilan bersantai dengan keluarga, apalagi jika disajikan hangat-hangat dan di temani dengan secangkir teh hangat. Mampir ke Pulau Batam jangan lupa makan dan bawa oleh-oleh Luti Gendang di jamin Sahabat Sporto tidak menyesal.

5. Mie Lendir Khas Batam

Batam tak hanya di kenal sebagai surga belanja, namun juga surga Tempat Wisata Kuliner. Di Batam dengan dengan mudah di jumpai berbagai macam kuliner khas. Salah satunya kuliner sejenis mie yang biasa di sebut Mie Lendir.

Bagi Sahabat Sporto yang sedang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau, dapat menikmati seporsi Mie Lendir di warung-warung penjual Mie Lendir. Warung-warung ini beberapa dapat di temui di kawasan Nagoya di Kota Batam, Melayu Square di Kota Tanjungpinang, dan tempat-tempat lainnya di Kabupaten Bintan.

Makanan ini terdiri dari mie kuning yang di rebus bersama taoge, dan di makan bersama sebutir telur rebus yang di belah dua atau di iris, kemudian di siram dengan kuah kacang yang kental. Oleh karena itu, mie ini di sebut Mie Lendir. Mie Lendir sendiri tidak jauh beda dengan mie pada umumnya, hanya saja ada beberapa bahan yang tidak biasa di dalam pembuatan Mie Lendir.

 

Sumber : spotourism.id

Pos terkait