Amerika Ngaku Menyesal Tolak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Metrobatam, Jakarta – Amerika Serikat akhirnya menyesal atas penolakan pihak mereka terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Permintaan maaf itu langsung disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) AS James Mattis ke Menhan RI Ryamizard Ryacudu.

“Menhan AS, James Mattis, siang ini Senin 23 Oktober 2017 menyampaikan permohonan maaf kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu atas insiden sempat ditolaknya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di AS untuk memenuhi undangan Kepala Staf Gabungan militer AS,” ujar Kapuskom Publik Kemenhan, Brigjen Totok Sugiato kepada wartawan, Senin (23/10).

Permintaan maaf itu disampaikan secara khusus kepada delegasi Indonesia yang dipimpin Ryamizard sebelum Mattis mengadakan pertemuan dengan para Menhan ASEAN dalam acara ASEAN Defense Ministers’ Meeting (AADM)-Plus di Filipina yang berlangsung mulai 22-25 Oktober 2017. Totok juga mengirimkan foto saat Mattis menyalami Ryamizard.

Permintaan maaf lainnya juga telah disampaikan oleh Kedutaan Besar AS untuk RI. Kedubes AS kemudian berjanji mengupayakan agar Gatot bisa memasuki wilayah negara mereka.

Bacaan Lainnya

“Dubes Joseph Donovan telah meminta maaf ke Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan Jenderal Gatot,” demikian pernyataan Kedubes AS untuk Indonesia, Minggu (22/10).

Meski sudah ada permintaan maaf itu, tetapi hingga kini belum ada alasan jelas apa penyebab Gatot ditolak masuk AS. Padahal Gatot berniat ke negeri Paman Sam itu untuk memenuhi undangan.

“Saya sampaikan bahwa itu saja tidak cukup. Kami tetap perlukan penjelasan kenapa peristiwa itu sampai terjadi,” tegas Menlu Retno usai ditemui Wakil Dubes AS Erin di kantornya, kemarin.

Pihak AS, lanjut Menlu Retno, terus berusaha untuk memperbaiki situasi. Mereka juga menegaskan kini tak ada lagi masalah jika Jenderal Gatot hendak berkunjung ke AS.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, acara yang akan dihadiri Gatot bernama Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations (VEOs) yang akan dilaksanakan tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC. Acara tersebut diinisiasi oleh pemimpin tertinggi Marinir AS Jenderal Joe Dunford.

“Jadi beliau adalah utusan dari pemerintah RI. Jadi berangkat ke sana atas perintah Presiden RI,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto dalam jumpa pers di Kantor Panglima TNI, Jl Medan Merdeka Barat, Minggu (22/10). (mb/detik)

Pos terkait