Metrobatam, Jakarta – Kejadian tidak mengenakan menimpa penumpang pesawat Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Bahkan disebutkan ada penumpang yang mengamuk dan hampir memukul petugas Lion Air.

“Iya betul itu (penumpang ngamuk). Delay dari siang pesawat ke Solo yang harusnya pukul 11.00 WIB berangkat, belum juga berangkat,” ujar salah satu penumpang lion Air, Alo Liliweri, saat dihubungi detikcom, Senin (2/10).

Alo sendiri akan terbang menuju Kupang, NTT, pada Minggu (1/10). Jadwal penerbangannya pukul 16.40 WIB namun hingga pukul 22.00 WIB tak kunjung lepas landas. Menurut pandangan Alo banyak penumpang yang tidak bisa menahan emosinya.

“Tidak ada sama sekali pengumuman atau pemberitahuan kenapa bisa delay sampai berjam-jam ini,” jelas Alo yang merupakan dosen di Undana Kupang.

Menurutnya, pukul 22.00 WIB dirinya dan penumpang lain yang juga menuju Kupang, NTT dipersilakan untuk masuk ke pesawat. Alih-alih langsung lepas landas, ia harus menunggu kembali dalam pesawat hingga 1,5 jam.

“Begitu kami naik dalam pesawat ternyata masih menunggu 1,5 jam dengan alasan menunggu petugas darat untuk membawa izin slot agar bisa terbang,” terang dia.

Alo menuturkan ada seorang penumpang yang hampir memukul petugas Lion Air. Namun berhasil diredam oleh penumpang lainnya dan mereka pergi menuju ruangan petinggi Lion Air.

“Iya sempat ada petugas yang ditarik bajunya, tapi saya dan penumpang lain bilang kalau mereka hanya petugas tidak mengetahui alasan sebenarnya. Akhirnya penumpang yang marah tersebut dibawa mungkin ke ruang pimpinan Lion untuk bertemu,” ucap Alo.

Ini Penjelasan Lion Air
Lion Air menyebut faktor cuaca menjadi penyebab beberapa penerbangan mengalami delay pada Minggu (1/10) kemarin. Beberapa pesawat Lion Air mengalami keterlembatan tiba di Bandara Soekarno-Hatta karena terkendala cuaca buruk di daerah.

“Pada 1 Oktober 2017 beberapa nomor penerbangan Lion Air mengalami keterlambatan yang cukup signifikan. Penyebab keterlambatan tersebut bermula dari terlambatnya kedatangan pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng dari beberapa bandara di daerah yg disebabkan oleh cuaca yg kurang baik dan bersahabat,” Public Relations Lion Air Group dalam keterangan tertulis kepad detikcom, Senin (2/10).

Akibatnya beberapa penerbangan di Bandara lain kena imbasnya. Pihak Lion sempat melakukan pergantian pesawat di beberapa penerbangan.

“Pemberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta juga mengalami beberapa hambatan karena kepadatan lalu lintas operasional udara dimana pada hari ini di Soekarno-Hatta juga melayani kepindahan beberapa penerbangan tujuan Bandara Halim Perdanakusuma yg dialihkan serta penambahan penerbangan Haji,” jelasnya.

Selain pengalihan karena kedatangan jemaah haji, faktor cuaca buruk semakin menambah lamanya waktu tunggu pesawat untuk mendarat dan lepas landas. Akibatnya penerbangan di daerah pun mengalami keterlambatan.

“Lion Air akan berusaha untuk menuntaskan seluruh penerbangan hari ini kecuali untuk bandara yang telah tutup karena adanya pekerjaan pelapisan landasan pacu. Lion Air juga akan memberikan hak-hak seluruh penumpang sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku. Atas ketidak nyamanan ini Lion Air memohon maaf kepada seluruh pelanggan setianya,” imbuhnya.

Di Bandara Cengkareng, delay parah dirasakan calon penumpang Lion Air. Calon penumpang tujuan Solo harus menunggu lebih dari 6 jam. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE