Metrobatam.com, Batam – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Ditjen Imigrasi dan Imigrasi Batam melakukan Penyuluhan Izin Tinggal Keimigrasian bagi Tenaga Kerja Asing, Masyarakat Kawin Campur dan Pelajar/Mahasiswa Asing tahun 2017 di Batam, Kepulauan Riau.

Acara bertempat di Clove Ballroom i Hotel Baloi, Batam, Kamis  (19/10/2017). Acara ini menghadirkan narasumber Kasubdit Status Keimigrasian dan Kewarganegaraan, Heru Santoso, Ananda Yuda dan Pengelola Status Keimigrasian, Dwi Anandita dan Hari Wibowo.

Acara yang sedianya berlangsung hingga pukul 12.00 ini dihadiri oleh Perkawinan Campur (Perca) Indonesia yang ada di Batam dan lain-lainnya. Paparan yang disampaikan antara lain tentang Surat Keterangan Keimigrasian dan Anak Berkewarganegaraan Ganda.

Yoman Eniwati, Ketua Perca Batam mengatakan, kegiatan penyuluhan ini perlu, dan kita jadi lebih mengerti proses pengurusan keimigrasian dan tidak perlu lagi memakai Calo dan Agen. Agen juga membantu tetapi lebih mempersempit, dengan adanya penyuluhan ini kita belajar untuk sendiri untuk pengurusan dokumen keimigrasian.

” Kegiatan penyuluhan ini yang kedua kalinya, namun sebelumnya kita mengadakan dengan swadaya sendiri,” kata Yoman Eniwati saat memberikan keterangan pers setelah selesai acara.

”Untuk keanggotaan Perca Batam ini ada 120 orang, namun ada juga yang belum terdaftar, namun ada sekitar 60an. Tapi ada yang sudah pindah ke luar negeri. Perca Indonesia ada di Batam, Bali, Jakarta dan pusatnya di Semarang dan Balikpapan,” jelasnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Ditjen Imigrasi dan Imigrasi Batam yang telah memberikan kesempatan bagi anggota Perca untuk lebih mengetahui dan memahami terkait perizinan dan permasalahannya dan dikesempatan ini kami lebih tahu aturan-aturan Keimigrasian, tentang Perca dan Anak Berkewarganegaraan Ganda. ,” tutupnya.

(Toni Mb/And)

 

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...