Metrobatam, Jakarta – Arema FC dan Persib Bandung dinyatakan berhasil mengantongi lisensi AFC. Sebuah kesempatan untuk tampil di kompetisi level Asia?

Dari 18 klub Liga 1 yang mengikuti proses verifikasi AFC, hanya dua klub yang dinyatakan layak mengantongi lisensi AFC, yaitu Arema FC dan Persib. Tiga klub lainnya, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta, berkesempatan untuk memenuhi kekuarangan syarat dalam sepuluh hari ke depan.

Menariknya, Persib dan Arema FC sama-sama tak memenuhi syarat dari sisi peringkat di Liga 1 untuk tampil di kompetisi Asia. Hanya posisi tiga besar yang bisa tampil di babak playoff Liga Champions Asia (satu tim) dan Piala AFC (dua tim). Arema ada di urutan kesembilan setelah menyelesaikan 31 pertandingan, sedangkan Persib pada peringkat ke-12 usai melakoni 30 pertandingan.

Adapun, di antara tiga tim yang masih berkesempatan untuk mengejar kekurangan syarat untuk mendapatkan lisensi, Bali United dan Madura United yang mengisi peringkat papan atas.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan belum dapat memutuskan tim yang bakal berlaga di ajang Asia itu. PSSI menyerahkannya kepada AFC.

“Pertama, AFC akan memutuskan jatah masing-masing negara. Kemudian, Indonesia akan mengirimkan wakil-wakilnya dan lima (klub yang lolos verifikasi) yang tadi kami sebutkan, jika tak ada perubahan, mereka yang tentu mendapatkan prioritas untuk kami submit (ajukan) ke AFC,” ujar Joko kepada pewarta, Kamis (26/10).

Joko meminta untuk menunggu hasil keputusan final lisensi pada 31 Oktober. Sebab, klub-klub yang tidak lolos juga diberikan kesempatan banding sampai dua hari ke depan.

Sementara itu, AFC memberikan deadline kepada PSSI untuk menyetorkan atau mendaftarkan diri siapa wakil Indonesia di kompetisi level Asia pada 15 November. Liga 1 baru selesai pada 12 November. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...