Madrid Dominasi Tim Terbaik FIFA, Zidane Kawinkan Gelar Pemain dan Pelatih Terbaik

London – Zinedine Zidane sukses menyabet gelar Pelatih Terbaik Dunia 2017 versi FIFA. Entrenador Real Madrid itupun mencatat sejarah baru.

Zidane masuk nominasi untuk kategori FIFA Men’s Coach atau pelatih terbaik dunia tahun ini. Ia bersaing dengan dua pria Italia, yakni pelatih Juventus Massimiliano Allegri serta manajer Chelsea Antonio Conte.

Dalam pengumuman yang berlangsung di London Palladium, Selasa (24/10) dini hari WIB, Zidane yang memenangi kategori tersebut. Ini menjadi gelar pertamanya setelah tahun sebelumnya kalah bersaing dengan Claudio Ranieri, eks manajer Leicester City.

“Suatu kehormatan bisa berada di sini. Saya tidak pernah berpikir bakal mengalami situasi seperti ini di sebuah ajang penghargaan penting bersama para manajer hebat seperti Allegri dan Conte,” Zidane mengatakan saat menerima penghargaan seperti dilansir Football Espana.

Bacaan Lainnya

“Saya cuma bisa mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas penghargaan ini. Merekalah yang sebenarnya mendapatkan penghargaan ini. Terima kasih Real Madrid dan keluarga saya, setiap hari merupakan sebuah mimpi bisa melatih klub ini,” ia lanjutnya.

Penghargaan ini tak lepas dari kinerja bagus Zidane musim lalu. Ia mengantarkan Madrid bisa menjuarai La Liga lagi sejak terakhir kali juara pada 201. Dia juga membawa Los Blancos mempertahankan gelar Liga Champions dengan mengalahkan Juventus-nya Allegri di final dengan skor 4-1.

Gelar ini juga membuat Zidane mencatat sejarah baru. Ia menjadi insan sepakbola pertama yang bisa menyabet kategori terbaik sebagai pemain dan pelatih.

Sewaktu aktif bermain dan masih memperkuat Juventus, ia menyabet gelar prestisius Ballon d’Or pada tahun 1998. Ballon d’Or yang merupakan gelaran majalah France Football, sebelumnya dinilai sebagai penghargaan paling bergengsi untuk para pemain.

Bahkan ajang milik FIFA cenderung kalah gaung, sampai kemudian keduanya melebur menjadi satu mulai 2010 sampai 2015. Sejak tahun lalu, keduanya kembali jadi penghargaan terpisah.

Madrid Dominasi

Tim Terbaik FIFA (FIFA FIFPro World XI) 2017 telah diumumkan. Juara Liga Champions Real Madrid masih mendominasi dengan mengirimkan wakil terbanyak. Ada lima pemain Madrid yang masuk FIFA FIFPro World XI 2017, yaitu Marcelo di posisi bek kiri, Sergio Ramos (bek tengah), Toni Kroos dan Luka Modric (gelandang), serta Cristiano Ronaldo (penyerang).

Juventus, yang dikalahkan Madrid di final Liga Champions musim lalu, mengirimkan Gianluigi Buffon di posisi penjaga gawang. Dua pemain yang membela Juve musim lalu, Dani Alves dan Leonardo Bonucci, juga masuk tim, masing-masing di posisi bek kanan dan bek tengah.

Di lini depan, Ronaldo didampingi bintang Barcelona, Lionel Messi, dan Neymar. Sementara itu, satu tempat tersisa di lini tengah jadi milik kapten Barca, Andres Iniesta.

FIFA FIFPro World XI ditentukan oleh para pesepakbola itu sendiri. Untuk menentukannya, dilakukan voting yang melibatkan lebih dari 26 ribu pesepakbola profesional.

Masing-masing pesepakbola diminta untuk memilih satu penjaga gawang, empat pemain belakang, tiga gelandang, dan tiga penyerang.

Gianluigi Buffon (Juventus); Dani Alves (PSG), Leonardo Bonucci (AC Milan), Sergio Ramos (Real Madrid), Marcelo (Real Madrid); Luka Modric (Real Madrid), Toni Kroos (Real Madrid), Andres Iniesta (Barcelona); Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Neymar (PSG). (mb/detik)

Pos terkait