Mendagri Ingatkan Pilkada 2018 Adu Konsep Bukan Umbar Kebencian

Metrobatam, Cianjur – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada tahun 2018 harus diisi dengan adu konsep dan pemikiran dari tiap calon peserta.

“Tahun depan sudah mulai Pilkada serentak di 171 daerah, hindari kampanye yang mengumbar kebencian. Lebih baik lakukan adu konsep adu pemikiran guna membangun pemerintahan yang lebih baik lagi,” kata Tjahjo di hadapan ribuan peserta Jambore Kebangsaan dan Wirausaha di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (25/10).

Read More

Tjahjo mengajak seluruh elemen untuk terlibat memantau isu yang bisa membuat situasi tidak kondusif. “Ini bukan hanya tanggung jawab salah satu pihak saja, tapi seluruh elemen termasuk kepemudaan dan mahasiswa. Semua harus turun dari Kapolri sampai Bhabinkantibmas,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu Tjahjo juga membahas empat isu yang menurutnya sudah menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat khususnya kepemudaan dan mahasiswa di antaranya tentang radikalisme, terorisme, ketimpangan sosial, narkoba dan korupsi.

“Untuk mengatasi empat tantangan bangsa itu perlu peranan semua pihak termasuk mahasiswa, masalah korupsi tahun ke tahun malah meningkat. Hampir seluruh pejabat negara dan swasta terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK ,ada juga dari kepolisian yang gencar melakukan pemberantasan Saber Pungli dan Saber Pangan,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga membeberkan fakta tentang narkoba yang sudah menjadi darurat nasional karena banyaknya korban yang berjatuhan. “Dalam satu hari 60 orang meninggal dunia karena narkoba, korbannya bisa beragam suku dan kepercayaan. Ini juga tantangan darurat nasional yang harus dihadapi bersama-sama,” lanjut dia.

“Kalau tidak diatasi bersama, negara ini bisa terpecah belah. Saya kira pemuda dan mahasiswa mempunyai bagian terdepan bagaimaba harus berperan. Yang sejak awal punya komitmen yang sama dan bernegara,” tutupnya.

Usai berbicara dari atas panggung kebangsaan Tjahjo kemudian menyalami barisan depan peserta Jambore. Melihat kedatangan Tjahjo sejumlah peserta apel kemudian berebutan untuk berfoto bersama. (mb/detik)

Loading...

Related posts