Metrobatam.com, Batam – Badan Pengusahaan Batam menyatakan pebangunan waduk Seigong di Galang, Batam sudah mencapai sekitar 50 persen dan diharapkan bisa rampung pada pertengahan 2018.

“Sekarang sudah sekitar 50 persen. Target pembanguannya selesai pertengahan tahun depan,” kata Deputi IV BP Batam, Purba Robert Sianipar di Batam, Kamis.

Dikutip dari antarakepri.com, Waduk Sei Gong yang pada awal 2017 sempat ditinjau oleh Presiden Joko Widodo merupakan salah satu dari 49 waduk yang masuk dalam program pembangunan waduk selama lima tahun untuk mendukung ketahanan pangan di Tanah Air.

Waduk Sei Gong yang dibangun sebagai tempat penampungan ar baku di Kecamatan Galang, Kota Batam, memiliki luas hingga 355 hektare dan dapat menampung sekitar 11 juta meter kubik air.

“Jika sudah jadi, waduk tersebut akan mensuplai kebutuhan air bersih masyarakat Galang hingga Batam. Pembangunan waduk di Kota Batam terus dilakukan karena tidak memiliki sumber air baku,” kata dia.

Di Batam dan pulau-pulau sekitarnya, kata dia, akan dibangun waduk-waduk lain untuk memastikan kemandirian dan ketersdiaan air bersih bagi asyarakat.

“Saat ini untuk pulau-pulau besar sudah dibangun sejumlah waduk. Nantinya seua pulau akan memiliki waduk untuk mencukupi kebutuhan masyarakatnya,” kata Robert.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meminta pembangunan Waduk Sei Gong yang awalnya ditarget baru akan selesai pada akhir 2018 menjadi pertengahan 2018.

Waduk tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) seperti waduk-waduk lain yang sudah dibangun terlebih dahulu.

“Saat ini untuk di Pulau Batam sudah ada enam waduk yang dibangun. Terakhir waduk Tebesi. Sementara untuk di Rempang, Glang, sudah ada masing-masing satu waduk,” kata dia.

And

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...