Sipol Dianggap Bermasalah, KPU: Kita Rutin Maintenance

Metrobatam, Jakarta – Partai Idaman, PKPI dan PBB, berencana akan melaporkan KPU ke Bawaslu, terkait Sipol yang kerap mengalami masalah. Komisioner KPU Pramono Ubaid menyebut pihaknya kerap melakukan pemeliharaan (maintenance) Sipol.

“Nggak ada yang sampai lama. Pernah hari apa gitu itu kita sengaja maintenance itu ambil waktu jam 1-2 malam, itu sengaja memang kita. Tapi yang rutin nggak sampai berjam-jam,” ujar Pramono, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (20/10).

Read More

Pramono mengatakan KPU mencatat data lengkap kapan terjadi masalah dengan sistem. Pramono menampik jika problem tersebut berpengaruh terhadap pendaftaran parpol. Menurutnya ada 14 parpol yang dinyatakan lolos.

“Kita punya data lengkapnya, hari apa, jam berapa, detik kapan, dan berapa lama sistem kita bermasalah. Tentu kita data-datanya itu lengkap, dan problem itu ternyata terbukti tidak berpengaruh bagi 14 Parpol yang telah selesai,” ujar Pramono.

Pramono menambahkan KPU selalu mendata dan memantau, kapan parpol mulai melakukan pengisian Sipol. Data inilah yang menjadi salah satu bukti bila terjadi gugatan.

“Dan kita juga bisa melacak, sejak kapan parpol itu mendaftar, dan progresnya perhari seberapa banyak. Kita bisa melacak itu sehingga itu nanti yang akan kita ungkapkan jika memang itu diminta,” ujar Pramono. (mb/detik)

Loading...

Related posts