Diwarnai Kontroversi, Barcelona Imbang 1-1 Lawan Valencia

Valencia – Duel dua tim teratas La Liga antara Barcelona dan Valencia berakhir seri. Diwarnai kontroversi terkait gol Lionel Messi, Barca dan Valencia berbagi angka 1-1.

Dalam pertandingan di Estadio de Mestalla, Senin (27/11) dini hari WIB, Valencia memimpin lebih dulu lewat gol Rodrigo di menit ke-60. Barca kemudian selamat dari kekalahan berkat gol Jordi Alba di menit ke-82.

Kontroversi sempat terjadi di babak pertama. Gol Lionel Messi dianulir oleh wasit meski bola terlihat sudah melewati garis gawang sepenuhnya.

Dengan hasil ini, Barca masih memimpin klasemen dengan 35 poin dari 13 pertandingan. Sementara Valencia yang juga belum terkalahkan ada di peringkat kedua dengan 31 poin.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi sejak menit-menit awal. Valencia dan Barcelona saling bergantian melancarkan serangan.

Tekanan langsung dilancarkan Barca. Di menit keempat, Paulinho mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi Neto bisa menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Barca.

Meski laga berjalan dalam tempo tinggi, tak banyak peluang bersih yang tercipta dari kedua tim hingga laga berjalan setengah jam.

Drama lantas terjadi di menit ke-30. Kejadian bermula dari sepakan Lionel Messi yang coba ditangkap Neto. Bola terlepas, bergulir ke arah gawang, dan dihalau keluar oleh Neto.

Messi sempat melakukan perayaan karena mengira dirinya telah mencetak gol. Tapi wasit menilai tak ada gol dan permainan terus berjalan.

Dari sana, Valencia melakukan serangan balik. Namun penyelesaian akhir Rodrigo masih menyamping tipis dari gawang Barca. Para pemain Barca kemudian melakukan protes kepada wasit terkait gol Messi tapi wasit tetap pada keputusannya. Dari siaran ulang, bola terlihat telah melewati garis gawang.

Laga berlanjut, Barca mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti di menit ke-32 menyusul pelanggaran Geoffrey Kondogbia kepada Messi. Messi melepaskan tendangan ke arah pojok kiri bawah, tapi Neto bisa membaca arah bola dan mengamankannya.

Babak pertama ditutup dengan skor 0-0. Memasuki babak kedua, Valencia langsung menggebrak. Tapi tendangan Simone Zaza masih melebar dari gawang Barca.

Valencia akhirnya membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-60. Umpan ke depan gawang dari Jose Gaya yang bergerak dari sisi kiri disontek oleh Rodrigo.

Barca langsung merespons. Ada dalam posisi tertinggal, Barca meningkatkan intensitas serangan.

Serangan Barca akhirnya membuahkan hasil di menit ke-82. Umpan Messi dari luar kotak penalti dituntaskan dengan sempurna oleh Jordi Alba.

Berhasil menyamakan skor, Barca meneruskan tekanannya. Barca mendapat tendangan bebas dari sisi kanan, tapi bisa dihalau Gabriel dan hanya menghasilkan sepak pojok. Dari tendangan sudut itu, tandukan Luis Suarez masih melambung di atas mistar gawang.

Di menit-menit akhir masa injury time, justru Valencia yang mendapat peluang bagus. Andreas yang bergerak di sisi kanan kemudian melepaskan tembakan tapi hanya mengenai sisi samping gawang.

Zaza juga menyia-nyiakan peluang di detik-detik terakhir. Mendapat umpan dari Guedes dari sisi kanan, Zaza yang berdiri relatif bebas justru tak mampu mengarahkan tendangannya ke gawang. Sepakannya melambung di atas mistar dan tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Valencia: Neto, Montoya, Gaya, Gabriel, Garay (Vezo 86′), Parejo, Kondogbia, Guedes, Soler, Zaza, Rodrigo (Pereira 81′)

Barcelona: Ter Stegen, Umtiti, Semedo (Vidal 80′), Vermaelen, Alba, Paulinho, Iniesta (D Suarez 72′), Rakitic (Deulofeu 68′), Busquets, Messi, L Suarez. (mb/detik)

Pos terkait