Peduli Keselamatan Berlayar Danlantamal IV Pakaikan Life Jacket Kepada ABK dan Penumpang

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Kepedulian Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama R. Eko Suyatno, S.E., M.M., terhadap keselamatan berlayar bagi masyarakat pengguna laut di Kepulauan Riau sangat tinggi hal ini ditunjukan saat memakaikan life jacket kepada salah satu Anak Buah Kapal (ABK) penumpang yang akan melakukan perjalanan laut tujuan Batam di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Senin (6/11).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan acara Program Peduli Keselamatan Pelayaran yang diprakarsai Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) ini dilaksanakan secara serempak di seluruh pangkalan di bawah jajarannya. Program Peduli Keselamatan Berlayar diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi msayarakat pengguna laut. Di Kepulauan Riau yang menjadi wilayah kerja Lantamal IV kegiatan dipusatkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan langsung di buka Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M.

Danlantamal IV pada kesempatan tersebut antara lain mengatakan, sungguh suatu kehormatan dan kesempatan yang baik bagi Lantamal IV dimana pada kesempatan ini diberi kesempatan untuk menfasilitasi menyelenggarakan acara sosialisasi ini. Moment yang sangat penting khususnya bagi masyarakat pengguna laut yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, karena 95% wilayahnya adalah lautan dan transportasi utama baik transportasi manusia maupun barang menggunakan laut. Selain itu kecelakaan di laut yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang sangat banyak sehingga perlu pencerahan kembali melalui kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran.

Melalui kegiatan ini diharapkan pula terwujudnya suatu komunikasi, koordinasi, harmonisasi, integrasi dan sinergi antara nelayan dan masyarakat pengguna laut lainya serta pemerintah dalam penanganan permasalahan yang terjadi. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai regulator, tetapi juga masyarakat pengguna jasa transportasi laut. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka membina nelayan agar lebih mengerti aturan untuk keselamtan dalam berlayar, semua ini demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di laut.

Bacaan Lainnya

Selain memakaikan life jacket kepada ABK kapal penumpang, Danlantamal juga menyaksikan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal yang hendak melakukan pelayaran yang dilakukan Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang. Setelah itu Danlantamal IV menyerahkan Buku Panduan Keselamatan Berlayar serta menempelkan stiker nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi saat mengalami kejadian di laut.

Kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada masyarakat pengguna laut akan dilakukan secara bergiliran di seluruh pelabuhan yang berada di Tanjungpinang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan di lingkungan Lantamal IV.

Toni Mb

Pos terkait