bright PLN Batam Jamin Tak Ada Pemadaman Jelang Natal dan Tahun Baru

Metrobatam.com, Batam -bright PLN Batam Provinsi Kepulauan Riau menjamin tidak akan melakukan pemadaman jelang natal dan tahun baru, mulai Selasa (19/12) mendatang hingga perayaan akhir tahun nanti. 

Manajer Humas bright PLN Batam, Bukti Pangabean, di Batam, Rabu, mengatakan guna mengantisipasi pemadaman pihaknya menyiagakan petugas perawatan selama 24 jam di empat titik yakni, Nagoya, Batam Center, Tiban dan Batuaji.

Read More

“Kalau masih ada pemadaman itu murni karena gangguan, kita tidak bisa menghindari gangguan,” katanya.

Seperti dikutip dari kepri.antara.com. Bukti mengatakan selama ini pemadaman memang diagendakan pihaknya untuk pemeliharaan pembangkit dan gardu.

Ia mengatakan setiap dilakukan. pemeliharaan gardu PLN Batam terpaksa melakukan pemadaman, guna menghindari petugas dari kontak langsung dengan arua listrik tegangan tinggi. Pemadaman katanya tidak pernah lebih dari empat jam.

“Kalau lebih dari empat jam kita akan kena sanksi,” katanya. Bukti mengatakan pemadaman bergilir dirasakan masyarakat Kota Batam sejak Agustus lalu karena pihaknya hanya melakukan pemeliharaan pembangkit dan gardu.

Namun kata Bukti setiap pemadaman terencana PLN Batam selalu disampaikan kepada masyarakat minimal dua hari jelang pelaksanaan baik melalui media sosial dan media massa. “Kalau padam akibat adanya gangguan itu tidak bisa kita predikdi,” katanya.

Bukti Panggabean, Manager of Public Relation bright PLN Batam

Manager Distribution PLN Batam, Jhon Bision Siagian mengatakan pada 2016 hingga Juli tahun ini pihaknya hanya melakukan pemeliharaan satu kali. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya gangguan pada pembangkit dan gardu listrik karena kurang terawat.

Jhon mengatakan saat ini PLN Batam memiliki 15 pembangkit dengan total daya 573 Megawatt (MW), 1.400 gardu dan 114 penyulang. Sebulan kata Jhon pihaknya harus melakukan perawatan 230 gardu atau dalam sehari dilakukan perawatan delapan hingga 10 gardu.

“Dampaknya pada pemadaman bergilir, perawatan intensif dua kali setahun pada peralatan dilakukan untuk mengejar target gangguan nol persen,” ujarnya.

PLN Batam saat ini sedang mencari terobosan untuk mengantisipasi pemadaman listrik, salah satunya dengan menggunakan gardu bergerak saat melakukan pemeliharaan.

PLN Batam juga tengah merencanakan penggunaan smart meter, sehingga pengecekan meteran tidak perlu lagi dilakukan ke lapangan. “Kita tidak hanya menaikkan tarif listrik saja, tapi kewajiban kita juga untuk meningkatkan pelayanan,” katanya.

and

Loading...

Related posts