Liga Champions: Kalahkan CSKA, MU Lolos ke Babak 16 Besar sebagai Juara Grup

Manchester – Manchester United merebut tiket ke babak 16 besar Liga Champions usai mengalahkan CSKA Moskow 2-1. Kemenangan tersebut sekaligus mengantar MU jadi juara Grup A.

Dalam pertandingan di Old Trafford, Rabu (6/12) dini hari WIB, MU mengistirahatkan David De Gea. Sergio Romero diturunkan di bawah mistar gawang.

Manchester United merebut tiket ke babak 16 besar Liga Champions usai mengalahkan CSKA Moskow 2-1. Kemenangan tersebut sekaligus mengantar MU jadi juara Grup A.

Hanya butuh hasil imbang, MU sempat kebobolan lebih dulu di penghujung babak pertama. Gol dari Vitinho membuat MU tertinggal saat pergantian babak.

Bacaan Lainnya

Tapi MU bangkit di paruh kedua. Lewat dua gol cepat dari Romelu Lukaku dan Marcus Rashford, ‘Setan Merah’ berbalik unggul dan menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Dengan kemenangan ini, MU lolos ke babak 16 besar dengan menyandang status sebagai juara Grup A. Tim arahan Jose Mourinho itu mengumpulkan 15 poin dari enam pertandingan, unggul tiga angka dari Basel yang finis kedua. Sementara itu, CSKA Moskow terlempar ke Liga Europa usai finis ketiga dengan sembilan poin.

Jalannya Pertandingan

Dalam pertandingan di Old Trafford, Rabu (6/12) dini hari WIB, Manchester United nyaris membuka keunggulan di menit keempat. Berawal dari serangan balik, Romelu Lukaku yang menerima bola kemudian melepaskan umpan terobosan kepada Marcus Rashford.

Tinggal berhadapan dengan kiper, Rashford gagal menyarangkan bola ke dalam gawang. Bola tendangannya membentur tiang.

MU perlahan mulai memegang kendali permainan. Tuan rumah kembali dapat peluang bagus setelah umpan Antonio Valencia dari sisi kanan disambut tendangan voli Luke Shaw. Bola ditepis Igor Akinfeev, tapi Lukaku yang ada di depan gawang tak mampu memaksimalkan bola muntah.

Serangan MU kembali mengancam gawang CSKA. Kali ini Shaw mengirim umpan dari sisi kiri ke area berbahaya di depang awang CSKA. Sial bagi Shaw, tak ada pemain MU yang menyambut umpannya.

CSKA mulai bisa keluar dari tekanan. Serangan yang mereka lancarkan menghasilkan tendangan sudut. Vasili Berezutski kemudian menyambut sepak pojok itu dengan tendangan voli, tapi masih melebar dari gawang MU.

Meski lebih dominan, MU justru kebobolan di menit ke-45. Mario Fernandes mendapat ruang di sisi sayap kanan dan melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Vitinho mampu menjangkaunya dan bola membentur Alan Dzagoev sebelum masuk ke dalam gawang. Gol ini sempat tercatat atas nama Dzagoev. Tapi di akhir laga, gol tersebut menjadi milik Vitinho.

Memasuki babak kedua, MU yang tertinggal mendapat peluang lebih dulu lewat tembakan Rashford. Tapi upaya Rashford masih bisa diantisipasi oleh Akinfeev.

Serangan yang dibangun MU di menit ke-55 juga belum membuahkan hasil. Umpan Juan Mata tak mampu dimaksimalkan oleh Chris Smalling yang sundulannya tak mengarah ke sasaran.

MU akhirnya mencetak gol di menit ke-64. Umpan lambung yang dilepaskan Paul Pogba di kotak penalti mampu dituntaskan dengan sempurna oleh Lukaku.

Hanya selisih dua menit, MU kembali membobol gawang CSKA untuk berbalik unggul. Mata mengangkat bola ke kotak penalti yang mengarah ke Rashford. Setelah mengontrol bola, Rashford kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok kanan bawah gawang.

Setelah gol Rashford, tak banyak serangan dari kedua tim yang membahayakan gawang. Upaya CSKA untuk mencetak gol penyeimbang juga tak membuahkan hasil.

Susunan Pemain

MU: Romero; Lindelof, Smalling, Blind; Valencia (Tuanzebe 72′), Pogba, Herrera (McTominay 66′), Shaw; Mata; Lukaku (Martial 74′), Rashford

CSKA: Akinfeev; Berezutski, Vasin, Ignashevich; Fernandes, Golovin, Kuchaev, Nababkin (Khosonov 91′); Vitinho (Zhamaletdinov 82′), Chalov, Dzagoev. (mb/detik)

Pos terkait