Metrobatam, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai melakukan verifikasi faktual DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai peserta Pemilu 2019. PKB dinyatakan lolos verifikasi.

Ada tiga syarat yang dicek KPU. Tiga hal tersebut yaitu kepengurusan inti, domisili kantor, dan keterwakilan perempuan. Setelah mengecek ketiga syarat itu, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menyatakan DPP PKB telah memenuhi syarat (MS).

“Berdasarkan SK, nama-nama yang ada di SK sudah dicocokkan dengan KTA dan KTP, dan hadir. Maka untuk komponen pengurus inti, dinyatakan memenuhi syarat. Berarti sudah melampaui angka 17. Maka dengan demikian, keterwakilan perempuan hadir 18, sudah melalui batas 17. Maka dinyatakan memenuhi syarat,” kata Hasyim di kantor DPP, Jalan Raden Saleh, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/1).

Sementara itu, anggota Bawaslu Afifuddin juga mengatakan kepengurusan DPP PKB telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan KPU. “Tugas kita sebagai pengawas adalah mengawasi KPU ketika memastikan seluruh dokumen parpol cocok dengan aslinya,” sebut Afif.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengapresiasi KPU yang melakukan verifikasi faktual. Cak Imin berharap kebersamaan partai politik dengan KPU tetap terjalin hingga Pemilu 2019.

“Terima kasih kepada Pak Hasyim Asy’ari yang telah melaksanakan verifikasi faktual PKB. Beberapa hal dinyatakan memenuhi syarat, semoga kebersamaan kita ini bisa terjalin erat hingga pemilu nanti,” kata Cak Imin. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...