Pertama Kali! Paus Fransiskus Nikahkan Pasangan di Atas Pesawat

Chile – Paus Fransiskus membuat sejarah baru dengan menikahkan pasangan di atas pesawat. Aksi spontan itu dilakukan Paus di tengah kunjungannya ke Chile.

Dilansir BBC, Jumat (19/1), pasangan yang dinikahkan oleh Paus itu bernama Paula Podest Ruiz (39) dan Carlos Ciuffardi Elorriga (41). Keduanya bertugas sebagai pramugari dan pramugara di penerbangan dari Ibu Kota Chile, Santiago menuju Iquique, saat bertemu Paus.

Pasangan ini sebelumnya telah menikah di catatan sipil dan hanya meminta Paus memberkati mereka. Tak dinyana, Paus malah menawarkan untuk menikahkan pasangan tersebut.

“Anda ingin saya menikahkan kalian?” tanya Paus.

Bacaan Lainnya

Pasangan tersebut mengaku jika mereka tak bisa mengadakan upacara pemberkatan di gereja di tempat tinggal mereka di kawasan Ibu Kota Chili, Santiago. Alasannya, bangunan gereja itu rusak akibat gempa pada 2010 silam.

Paus Fransiskus kemudian menawarkan upacara singkat dalam penerbangan tersebut. Ia kemudian memberikan berkat Sakramen Perkawinan kepada pasangan tersebut, dan menjadikan bos mereka sebagai saksi.

Seorang kardinal yang menemani Paus kemudian mencatatkan dokumen pernikahan pasangan tersebut. Dokumen itu ditulis tangan di selembar kertas, dan ditandatangani oleh kedua mempelai, dan para saksi.

Koresponden CBS News, Steve Dorsey kemudian mengunggah dokumen itu ke akun Twitternya. Penerbangan itu disediakan maskapai terbesar di Amerika Latin, Latam. Maskapai itu menyediakan layanan penerbangan selam Paus berkunjung ke Chile. (mb/detik)

Pos terkait