Dibangun dengan Dana Rp 14,6 T, Skuat City Termahal dalam Sejarah

Metrobatam, Jakarta – Manchester City telah menghabiskan 878 juta euro atau sekitar Rp 14,6 triliun untuk membangun skuat saat ini. Dalam sejarah, tak ada klub yang lebih boros.

Hal tersebut terungkap lewat studi yang dilakukan oleh CIES Football Observatory. City sekaligus menjadi klub yang menanamkan investasi terbesar di dunia untuk membentuk skuat.

Mereka mengalahkan Paris Saint-Germain yang tercatat membelanjakan hingga 805 juta euro untuk skuat saat ini. Patut dicatat bahwa nyaris seperempat uang itu dibelanjakan PSG untuk Neymar, yang ditebus dari Barcelona seharga 222 juta euro.

Manchester United menempati posisi tiga dengan menghabiskan 747 juta euro. Sementara Barcelona mengambil posisi keempat dengan 725 juta euro. Hanya empat tim ini yang menembus angka 700 juta euro untuk membangun skuat.

Bacaan Lainnya

Premier League mendominasi 10 besar daftar ini dengan menempatkan enam tim. Selain City dan MU, ada juga Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Everton yang menempati 10 teratas.

Spanyol punya dua wakil yakni Barcelona dan Real Madrid, sementara Prancis dan Italia masing-masing hanya menempatkan satu tim di 10 besar.

Kembali soal City, dana besar yang dikeluarkan untuk membangun skuat memang tak mengherankan. Dalam skuat mereka saat ini ada delapan pemain yang dibeli dengan harga 50 juta euro atau lebih.

Antara lain Kevin de Bruyne, Aymeric Laporte, Raheem Sterling, Benjamin Mendy, John Stones, Kyle Walker, Bernardo Silva, dan Leroy Sane. Itu belum termasuk nama-nama top lain seperti Nicolas Otamendi, Fernandinho, Sergio Aguero, dan Ederson Moraes. (mb/detik)

Pos terkait