Madrid – Juara bertahan Real Madrid mendapatkan keuntungan besar untuk lolos dari babak 16 besar. Sempat ketinggalan, Madrid akhirnya mengalahkan Paris St. Germain 3-1.

Cristiano Ronaldo menginspirasi kemenangan Madrid setelah mencetak dua gol yang terjadi di masing-masing babak. Meski menang, El Real tidak mencapainya dengan mudah.

Melawan PSG di leg I, Santiago Bernabeu, Kamis (15/2) dinihari WIB, Madrid tertinggal lebih dahulu setelah PSG membuka keunggulan lewat Adrien Rabiot di menit ke-33. Di penghujung babak pertama, Ronaldo tak menyia-nyiakan kesempatan menyamakan skor lewat hadiah penalti, menyusul pelanggaran terhadap Toni Kroos.

Pertandingan berlangsung ketat di sebagian besar babak kedua. Sampai akhirnya, di 10 menit terakhir Madrid berhasil membobol gawang PSG dua kali lewat Ronaldo dan Marcelo untuk memastikan kemenangannya.

Dengan hasil ini, Los Blancos hanya membutuhkan minimal hasil seri di leg II untuk maju ke perempatfinal. Sementara PSG wajib menang dengan skor minimal 2-0.

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung menekan PSG setelah kickoff. Saat Madrid melakukan serangan, Toni Kroos jatuh di kotak penalti saat dibayangi Yuri Berchiche. Tapi wasit tidak tertarik dengan klaim penalti tim tuan rumah.

Di menit ketiga, umpan lambung Isco diterima Cristiano Ronaldo. Tapi sepakan Ronaldo dari sisi kanan kotak penalti melenceng jauh dari gawang PSG.

Madrid menguji kiper Alphonse Areola. Kroos mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras yang dihalau Areola. Bola pantul disapu Marquinhos ke samping gawang.

PSG merespons. Kerjasamanya dengan Neymar diakhiri Yuri dengan sepakan dari dalam kotak penalti, tapi bola masih melebar. Di menit ke-12, Neymar terbebas di sisi kiri sebelum melepaskan umpan lambung yang berhasil dicegat Raphael Varane agar tak dijangkau Edinson Cavani.

Wasit menghadiahi tendangan bebas dari posisi berbahaya kepada Madrid setelah pelanggaran terhadap Modric. Ronaldo menjadi eksekutor, tapi sepakannya melambung di atas mistar gawang PSG.

PSG membuang momentum dalam menciptakan peluang setelah Neymar terlambat melakukan operan. Di menit ke-28, Madrid melakukan serangan balik berbahaya ketika umpan silang Marcelo mencapai Ronaldo di sisi kanan. Tapi saat tinggal berhadapan dengan Areola, sepakan Ronaldo mentah setelah bola mengenai wajah si kiper.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. PSG memimpin 1-0 atas Madrid lewat gol Rabiot. Kylian Mbappe mengirim umpan silang bagus kepada Neymar. Bola coba dihalau Nacho tapi bergulir ke jalur Rabiot yang menuntaskannya tanpa kesalahan.

PSG semakin percaya diri. Lima menit berselang, sodoran Neymar kepada Cavani lolos dari kepungan pemain bertahan Madrid. Namun, tendangan melengkung Cavani dari dalam kotak sempat dicegat Casemiro sehingga bola hanya bersarang di samping gawang Madrid.

Semenit sebelum waktu normal babak pertama habis, Madrid hampir membuat gol balasan. Dari kerjasama dengan Ronaldo, Benzema melepaskan tembakan kaki kiri tapi masih bisa diselamatkan Areola.

Jelang turun minum, pelanggaran Lo Celso kepada Kroos membuat wasit menunjuk titik putih. Ronaldo maju sebagai algojo dan sukses menaklukkan Areola untuk menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-45.

Usai restart, PSG membuang peluang emas. Umpan mendatar Neymar menjangkau Mbappe, tapi penyelesaiannya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau Keylor Navas.

Sergio Ramos membuat blok krusial untuk mencegah Rabiot mencetak gol. Selanjutnya, Dani Alves mengklaim penalti setelah tembakan Rabiot mengenai lengan Ramos, tapi wasit tidak menganggapnya pelanggaran.

PSG terus menekan Madrid. Serangan dari sisi kanan diakhiri Mbappe dengan sepakan, yang masih terlalu lemah. Di menit ke-73, usaha PSG mencetak gol keduanya digagalkan Ramos usai mem-blok sepakan Kimpembe yang diawali dari sepak pojok.

Sebuah peluang emas kembali terlewatkan oleh PSG. Yuri menyerbu dari sisi kiri untuk mengirim umpan silang di depan gawang. Mbappe dan Dani Alves gagal menjangkau bola.

Akhirnya, Madrid membalikkan kedudukan menjadi 2-1 di menit ke-83. Umpan silang mendatar Marco Asensio ditepis Areola, tapi bola bergulir ke arah Ronaldo untuk diteruskan dengan tembakan dari jarak dekat.

Hanya tiga menit kemudian, Madrid berhasil membobol gawang PSG untuk unggul 3-1. Asensio kembali menjadi kreatornya, dengan umpan silang dari sisi kanan. Bola diteruskan Marcelo dengan tendangan first-time dari dalam kotak penalti PSG.

PSG kehabisan waktu. Di detik-detik terakhir, sepakan Neymar melambung usai menyambut umpan silang Julian Draxler. Pertandingan berakhir, Madrid berhak atas kemenangan 3-1.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Navas, Nacho, Sergio Ramos, Varane, Marcelo, Modric, Casemiro (Lucas Vazquez 79′), Kroos, Isco (Asensio 79′), Benzema (Bale 68′), Ronaldo

PARIS ST. GERMAIN: Areola, Dani Alves, Marquinhos, Kimpembe, Yuri, Verratti, Rabiot, Lo Celso (Draxler 85′); Mbappe, Cavani (Meunier 66′), Neymar. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kominfo Rilis 23 Hoaks, Termasuk Neno Sebut Prabowo Rasul

Metrobatam, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Subdit Pengendalian Konten Internet merilis temuan hoaks seputar Pemilu 2019 per Sabtu, 20 April 2019....

Kisah Petugas KPPS Lebak Meninggal Saat Sujud Salat

Metrobatam, Lebak - Petugas KPPS di Lebak, Banten, Jumri meninggal karena kelelahan selama proses hitung suara. Sempat izin untuk salat subuh saat penghitungan C1...

PDIP Curigai Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang di Surabaya

Metrobatam, Surabaya - Bawaslu Surabaya merekomendasikan penghitungan suara ulang di seluruh TPS Surabaya. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menilai sikap Bawaslu...

KASN Tolak Gabung jika TPF Kecurangan Pilpres 2019 Dibentuk

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menolak bergabung jika kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat membentuk...

Selama Pemilu 54 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal

Metrobatam, Jakarta - KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah...

Caleg PDIP Ditangkap di Kasus Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi

Metrobatam, Sungai Penuh - Polisi menangkap 3 pelaku kasus pembakaran 15 kotak surat suara DPRD di Sungai Penuh, Jambi. 3 orang yang ditangkap 1...

Menlu Ditemui Dubes Sri Lanka, RI Siap Beri Bantuan Pascateror Bom

Metrobatam, Jakarta - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi. Dalam pertemuan itu,...

Bawaslu Kota Tanjungpinang akan Perketat Pengawasan 5 TPS PSU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang akan perketat proses pengawasan terhadap 5 TPS yang akan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini...

Istri Almarhum Sys NS Menikah Lagi

Metrobatam, Jakarta - Penyiar senior Sys NS telah berpulang 2018 lalu. Kini, sang istri diketahui telah memutuskan untuk menikah lagi. Istri almarhum Sys NS, Shanty,...

Menkes: Boleh Bangga Punya MRT, Tapi Jangan Jadi Sarang TBC

Metrobatam, Jakarta - Penyakit menular masih menjadi ancaman di Indonesia. Tuberkulosis (TBC atau TB) merupakan salah satu dari banyak penyakit yang masih menjadi beban...

Danlantamal IV Pimpin Apel Khusus

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memimpin pelaksanaan Apel Khusus di Lapangan...

PLN Tanjungpinang Ajak Ibu-ibu Masak Tanpa Api

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019, PLN Tanjungpinang mengadakan lomba memasak menggunakan kompor induksi. Manajer PLN UP3 Tanjungpinang, Fauzan juga mengajak...