Agar Tidak Keracunan, Ini Tips Memanaskan Mesin Mobil

Metrobatam.com (MB) – Setiap pagi hari, salah satu kegiatan rutin yang dilakukan pemilik mobil dan motor adalah memanaskan mesin.

Hal ini dilakukan agar pelumas dapat bersirkulasi dengan baik di seluruh bagian mesin. Selain itu, memanaskan mesin juga berguna agar suhu mesin mencapai titik optimumnya.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa ada efek samping dari melakukan kebiasaan tersebut. Efek yang dimaksud berkaitan dengan gas buang yang dikeluarkan dari knalpot, yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Gas buang itu sangat mudah bercampur dengan udara bebas yang ada di sekitar mobil. Jika memanaskan mobil dalam waktu yang lama, maka akan semakin banyak campuran gas buang ke udara sekitarnya. .

Bacaan Lainnya

Untuk tetap menjaga udara di dalam rumah tetap sehat dan bebas dari racun knalpot, maka lakukanlah beberapa hal yang berhubungan dengan memanaskan mobil.

Berikut beberapa caranya, seperti dilansir dari Astraworld, Jumat 23 Maret 2018:

  1. Memanaskan mobil tidak perlu lama-lama, cukup 2-3 menit saja. Mesin mobil saat ini sudah tergolong canggih, sehingga lebih cepat untuk dapat mencapai suhu idealnya.

2. Posisikan ujung knalpot ke udara bebas saat mesin sedang dipanaskan, agar gas buang tidak masuk ke dalam rumah atau ruangan terdekat.

  1. Ruang terbuka adalah tempat yang tepat untuk memanaskan mobil. Jika mobil diparkir di garasi yang tertutup, maka sebaiknya garasi tersebut dibuka.
  2. Tidak perlu menginjak gas saat memanaskan mobil. Putaran tinggi pada mesin akan menambah banyaknya gas buang yang dikeluarkan dari knalpot.

(and)

Pos terkait