bright PLN Batam Raih Penghargaan Department PR untuk Pertama Kalinya dalam Ajang PRIA 2018

Metrobatam.com, Batam – Puncak apresiasi tertinggi bari para insan public relations (PR), PR Indonesia Awards (PRIA) 2018, berlangsung di Surabaya, Kamis malam (29/3/2018). Acara yang dilaksanakan berdampingan dengan festival rakyat Mlaku-mlaku nang Tunjungan di sepanjang Jalan Tunjungan itu memberi kesan kepada para tamu undangan dan peserta penghargaan, karena dilaksanakan di jalan protokol dengan disaksikan oleh kurang lebih 100 ribu warga Surabaya yang memadati jalan Tunjungan. Acara Pasar Rakyat dan Malam Penghargaan PR Indonesia Awards 2018 dibuka langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Pada penghargaan tersebut bright PLN Batam meraih dua kategori penghargaan yaitu penghargaan untuk Departmen PR mendapatkan Bronze Winner dan penghargaan terpopuler di Media 2017 (media monitoring oleh PT Isentia) sub kategori Anak Perusahaan BUMN. ”Ini merupakan sebuah prestasi bagi bright PLN Batam dan Humas PLN Batam pada khususnya, kinerja kami di tahun 2017 menuai penghargaan dari lembaga PR atau Humas yang kredibel yaitu PR Indonesia,” tutur Bukti Panggabean Manager of Public Relations bright PLN Batam setelah mendapat penghargaan di Surabaya.Pada ajang yang sama tahun lalu bright PLN Batam juga berhasil memperoleh penghargaan untuk kategori Corporate Social Responsibility (CSR Batam Komposter) dan terpopuler di media, untuk kategori terpopuler di media bright PLN Batam berhasil mempertahankan predikat tersebut selama 3 (tiga) kali tahun 2016,2017 dan 2018.

“Kepemimpinan yang Menginspirasi” menjadi tema sentral di malam penghargaan PRIA 2018. Menurut Asmono Wikan founder sekaligus CEO PR Indonesia , hal Ini dikarenakan kepemimpinan merupakan elemen penting yang menentukan keberhasilan suatu organisasi, termasuk di wilayah PR. “Tanpa pemimpin yang memahami pentingnya PR dan memberikan ruang strategis kepada tim PR untuk berkembang, mustahil PR dapat memberikan kontribusi optimal,” ujarnya.

PRIA adalah kompetisi yang rutin diadakan PR INDONESIA sejak 2016. Kompetisi yang memasuki tahun ketiga ini, terbuka diikuti korporasi dan organisasi baik pemerintah maupun nonpemerintah.

Bacaan Lainnya

Delapan kategori dihadirkan tahun ini, tiga diantaranya kategori baru. Antara lain, Kategori Krisis (Pedoman Krisis, Penanganan Krisis), Manual Tata Kelola Kehumasan, dan Laporan Tahunan (Annual Report dan Sustainability Report). Kategori yang sudah ada sebelumnya meliputi Owned Media (Media Cetak, E-Magazine, dan Video Profile), Kanal Digital (Aplikasi, Website, dan Media Sosial), Program PR (Corporate PR, Government PR, Marketing PR, dan Digital PR), Program CSR (Sustainability Business dan Community Based Development), Departemen PR, dan kategori Terpopuler di Media yang menggandeng PT Isentia. Tak ayal, entri meroket menjadi 463 buah yang berasal dari 105 organisasi (72 korporasi dan 33 lembaga pemerintah). Tahun lalu, PRIA mengemas 224 entri.

Sebanyak 16 juri ahli dikerahkan untuk memberikan penilaian obyektif. Antara lain, Maria Wongsonagoro dan Magdalena Wenas (PR INDONESIA Gurus), Noke Kiroyan (Kiroyan Partners), Ariani Djalal (Kantor Staf Presiden), Troy Pantouw (Senior Consultant AIS Training and Consulting), Titis Widyatmoko (Pimred Brilio.net), Arbain Rambey (KOMPAS), Gunawan Alif (Indonesia CSR Society), dan banyak lagi.

Proses penjurian yang berlangsung secara maraton di Kantor PR INDONESIA, Jakarta, terbagi ke dalam dua metode. Yakni, sesi nonpresentasi dari Rabu (28/2/2018) hingga Jumat (2/3/2018) dan tanggal 6 – 8 Maret 2018 untuk sesi presentasi.

Di helatan PRIA 2018 bright PLN Batam mengirimkan 3 entry dari 8 kategori yang dilombakan, yaitu entry untuk kategori Penanganan Krisis (Handling Crisis), entry Program CSR dan entry Department PR (lembaga Humas). Diantara 3 entry yang dikirimkan oleh bright PLN Batam yang mendapatkan juara hanya kategori Department PR (bronze winner) sedangkan untuk Terpopuler di Media berdasar atas survey dari lembaga media monitoring.

”Dengan diraihnya penghargaan ini kami juga tidak lantas berbangga diri karena menurut kami masih banyak program-program PR yang masih perlu kami kembangkan lagi dan kami juga perlu meningkatkan engagement dengan pelanggan, stakeholder termasuk rekan-rekan media. Kami juga berterima kasih kepada rekan-rekan media baik nasional maupun lokal yang selama ini bekerjasama dan mendukung program-program bright PLN Batam sehinggan bright PLN Batam salah satu instansi dalam hal ini anak perusahaan BUMN yang sering muncul di media, “ tutup Bukti.

(and/rls/fb)

Pos terkait