SBY Klaim Lebih Dahulu Blusukan Ketimbang Jokowi

Metrobatam, Jakarta – Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengklaim lebih dahulu melakukan ‘blusukan’ ketimbang Presiden Joko Widodo. Blusukan dilakukan dalam dua periode menjabat sebagai presiden, yakni 2004-2009 dan 2009-2014.

Hal ini disampikan dalam Seminar Nasional Hari Perempuan yang digelar Fraksi Demokrat di Gedung Nusantara V DPR, Jakarta, Senin (19/3).

Menurutnya, blusukan merupakan cara efektif mendengar aspirasi dari masyrakat dan membuat sebuah kebijakan. “Jadi sebelum Pak Jokowi blusukan, kami lebih dahulu blusukan ke berbagi tempat di Indonesia untuk melihat kondisi nyata,” ujar SBY.

SBY bercerita blusukan tidak dilakukan sendiri. Ia sering ditemani oleh para menteri kabinetnya, bahkan didampingi oleh istrinya Ani Yudhoyono. Kunjungan dilakukan ke seluruh daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan itu, SBY mengaku menemui seluruh masyarakat dengan berbagai latar belakang ekonomi, khususnya masyarakat miskin.

“Saya tahu sendiri derita, kesulitan hidup, dan persoalan yang dihadapi oleh rumah tangga yang belum mampu, termasuk penderitaan ibu-ibu dan kaum perempuan,” ujar Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut, SBY merasa bangga sejumlah program yang digagasnya dari hasil blusukan juga masih bertahan hingga saat ini. Bertahannya program itu sebagai bukti kebijakan yang dibuatnya berjalan efektif untuk mengurangi masalah perekonomian bangsa.

“Semua itu bertujuan menurunkan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup rakyat dan hasilnya nyata,” ujar SBY.

Lebih dari itu, dalam konteks memperingati hari perempuan, SBY meminta seluruh perempuan berkotribusi dan mendukung segala kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk memajukan kuliatas perempuan kemiskinan.

“Tidak perlu mengeluh, jangan ikut-ikutan mengeluh, jangan juga menyalahkan-sana sini. Tapi terjunlah, berkontribusilah, berbuatlah yang nyata agar dampaknya juga bisa dirasakan, utamanya kaum perempuan yang masih mengalami kesulitan,” kata SBY. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait