Metrobatam, Bandung – Partai Gerindra sudah mendeklarasikan sang Ketua Umum, Prabowo Subianto, sebagai capres 2019. Partai berlambang kepala garuda itu mengaku sudah mengamankan persyaratan untuk pencalonan Prabowo.

“Gerindra sekarang 73 kursi, berarti kurang 39 kursi. Kami ingin sampaikan kalau koalisi sudah selesai, sehingga dari sisi syarat keterpenuhan dukungan, yakni 112 kursi, tidak ada masalah,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani setelah menghadiri deklarasi Prabowo sebagai capres 2019 di Hotel Preanger, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Rabu (14/3).

Namun Muzani enggan membeberkan kursi tambahan itu berasal dari partai mana. Dia kembali menegaskan koalisi pengusung Prabowo sudah memenuhi syarat pencalonan.

“Pokoknya sudah ada partai koalisi pendukung Prabowo. Cukup 112 kursi saja. Nanti partai (koalisi) segera mengumumkan,” ungkap dia.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat, Prabowo akan segera mengambil sikap terkait gelombang dukungan yang ada saat ini. Sebab, sambung dia, Prabowo tengah mempertimbangkan dan mempelajari problem bangsa.

“Pak Prabowo harus menata betul apakah tentang problem bangsa, ini bagian keseluruhan proses panjang memimpin bangsa,” kata Muzani.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon pernah menyatakan Gerindra berpotensi berkoalisi dengan PKS untuk mengusung Prabowo sebagai capres. “Jadi kan syaratnya 20 persen dukungan kursi dan 25 persen suara. Gerindra dengan PKS cukup (capreskan Prabowo),” kata Fadli Zon saat berbincang dengan detikcom, Minggu (23/7).

Fraksi Gerindra di DPR punya 73 kursi dan PKS punya 40 kursi. Bila dijumlah, ada 113 kursi. Ambang batas pencapresan adalah 20 persen kursi parlemen alias 112 kursi DPR saat ini.

Selanjutnya, pada 8 Maret 2018, Fadli Zon kembali menyatakan koalisi dengan PKS bakal terwujud. Namun Gerindra masih berharap ada partai lain yang bergabung.

“Ya, dengan PKS kita sudah firm (koalisi), tapi kita berharap lebih banyak lagi dukungan dari partai lain supaya lebih kuat untuk menghadapi pilpres dan pileg,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3).

Gatot : Lihat 2 Minggu Lagi

Meski belum mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden 2019, nama Gatot Nurmantyo sudah diperbincangkan sebagai salah satu capres. Gatot mempersilakan publik menunggu yang akan terjadi dua pekan mendatang.

“Kita lihat nanti. Apabila rakyat menghendaki, lain ceritanya,” kata Gatot di acara Mata Najwa, yang disiarkan langsung oleh Trans7, Rabu (14/3).

Itu adalah jawaban Gatot saat ditanya pemandu acara, Najwa Shihab, soal kepastian deklarasi dirinya sebagai capres. Berkali-kali Gatot menegaskan dirinya kini masih berstatus prajurit TNI aktif.

“Sekarang saya masih menjadi seorang prajurit. Tetapi ya, apabila rakyat menginginkan, itu menjadi tanggung jawab,” kata Gatot menjawab pertanyaan soal kesiapannya menjadi capres. “Apabila rakyat dan negara memanggil, mati pun saya rela.”

Sekitar dua pekan lagi, yakni pada 31 Maret, mantan Panglima TNI itu bakal pensiun. Maka ibaratnya, saat ini adalah masa menghitung hari. Bisa jadi 1 April menjadi deklarasi dirinya sebagai capres.

“Kita lihat saja 1 April bagaimana nanti,” kata Gatot.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, menilai Gatot dicitrakan sebagai seorang jenderal yang religius. Aktivitas yang terekam di media internet lebih banyak mengaitkan Gatot dengan ulama dan pihak Islam. Gatot juga kerap berkeliling pesantren.

“Saya itu mulai berkeliling ke kampus dan ulama sejak saya sebagai Pangkostrad, bukan pada akhir-akhir ini saja, dan ini tidak akan saya berhentikan,” tanggap Gatot.

Gatot ditunjuki Najwa Shihab foto Jokowi dan Prabowo. Untuk Prabowo, Gatot berkomentar bahwa sosok itu adalah seniornya di TNI dan merupakan prajurit sejati serta abdi negara.

Saat ditunjuki foto Jokowi, Gatot disodori pertanyaan apakah Gatot mendukung Jokowi menjabat presiden dua periode? “Beliau adalah presiden saya. Saya adalah prajurit presiden,” jawab Gatot ke Najwa Shihab.

Najwa mengulang pertanyaan yang sama untuk kedua kalinya. Gatot menjawab, “Kapasitas saya, saya hormati beliau sebagai presiden.”

“Mendukung (Jokowi) dua periode?” tanya Najwa untuk ketiga kalinya.

“Saya tidak boleh berpolitik praktis,” jawab Gatot. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Danlantamal IV Pimpin Apel Khusus

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memimpin pelaksanaan Apel Khusus di Lapangan...

PLN Tanjungpinang Ajak Ibu-ibu Masak Tanpa Api

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019, PLN Tanjungpinang mengadakan lomba memasak menggunakan kompor induksi. Manajer PLN UP3 Tanjungpinang, Fauzan juga mengajak...

Kapolda Kepri Tinjau Langsung Pengamanan Penghitungan Surat Suara di PPK

Metrobatam.com, Batam - Kapolda Kepri mengunjungi lokasi penghitungan suara di PPK Batam Kota, PPK Sagulung dan PPK Sekupang dalam rangka meninjau langsung pengamanan penghitungan...

40 WNA Asal Tiongkok dan Taiwan Sindikat Penipuan Ditangkap di Semarang

Metrobatam.com, Semarang - Sebanyak 40 warga negara asing asal Tiongkok dan Taiwan yang merupakan anggota sindikat penipuan internasional ditangkap petugas keimigrasian di sebuah rumah...

Babinsa Kelurahan Tanjungpinang Barat Ikut Antarkan Jenasah Wak Tole ke TPU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa melalui Babinsa Kelurahan Tanjungpinang Barat Serda Marsiin ikut mengantarkan Jenasah Musran. Pria...

Ini Daftar Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukan di Ruangan Pembeku di Kulkas

Metrobatam.com, (Mb) - Freezer membuat bahan makanan jadi awet lebih lama sehingga bisa dikonsumsi kapan pun Anda inginkan. Makanan yang dimasak bisa disimpan untuk...

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas di Rumahnya di Kelurahan Tanjungpinang Barat

Metrobtam.com, Tanjungpinang - Musran (64) Seorang pria paruh baya ditemukan tewas di Kediaman adik ipar di Jalan Usman Harun plantar Hasan Awang, RT 3...

Dapil Tanjungpinang Timur dari Partai Demokrat, Rina Febriani Raih Kursi DPRD Kota Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Rina Febriani, Calon Anggota Legislatif Caleg nomor urut 9 dari Partai Demokrat, dipastikan duduk sebagai Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Daerah Pemilhan...

Jusri Sabri Berpeluang dapat Kursi DPRD Kota Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Tanjungpinang, dari PDIP, Jusri Sabri, berpeluang mendapatkan kursi dewan kota. Hasil penghitungan suara sementara, pria penggiat...

Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat Selama Periode Pemilu

Metrobatam.com, Batam - Masih dalam rangka semangat pelaksanaan Pemilu 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melaksanakan pengamanan pasokan BBM dan LPG melalui Satuan...

Pemko Batam Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Selam

Metrobatam.com, Batam - Delapan warga Pulau Abang terlihat mendengarkan penjelasan instruktur selam dari Max’s Dive Centre (MDC) saat berlatih di kolam renang Hotel Vista,...

Bayar Klaim Faskes, Kesehatan Batam Gelontorkan Rp 91 Miliar

Metrobatam.com, Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam telah menyelesaikan pembayaran klaim yang jatuh tempo terhitung 8 April. Jumlah klaim yang...