KSAU: Seluruh Anggota TNI Jangan Terlibat Politik Praktis

Metrobatam, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) TNI AU Yuyu Sutisna mengaskan kepada para prajuritnya untuk tidak terlibat dalam politik praktis di masa Indonesia menjalani tahun politik pada 2018 dan 2019.

“Saya tekankan kepada seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalan politik praktis serta menjaga netralitas TNI dalam proses Pilkada dan Pemilu,” kata Yuyu dalam Upacara Ulang Tahun TNI AU ke-72 di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (9/4).

“Implementasi sikap netralitas ini diwujudkan dengan tidak memihak partai politik atau salah satu calon secara langsung maupun tidak langsung, maupun penggunaan sarana kedinasan untuk Pilkada dan Pemilu,” kata Yuyu.

Yuyu kemudian menekankan komitmen TNI, khususnya Angkatan Udara, untuk tetap mendukung kebijakan pemerintah selain dari memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Ia juga menekankan kepada prajuritnya untuk fokus mewujudkan keinginan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Mengatisipasi berbagai tantangan, TNI AU harus memiliki kemampuan, tekad, dan komitmen untuk dapat mewujudkan hasil optimal dengan kekuatan kemampuan TNI AU yang dimiliki saat ini,” kata Yuyu.

Sebelumnya, perayaan milad TNI AU ke-72 kali ini berlangsung secara sederhana. Tidak ada parade pesawat temput, hanya ada sebuah upacara di taxy way acho di Landasan Udara Halim Perdanakusuma.

Sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI AU terlihat diparkir di sekitar lokasi upacara.

Namun Yuyu mengatakan tahun ini TNI AU mengurangi parade udara dalam perayaan ulang tahunnya. Sebagai gantinya, TNI AU menggelar pesta rakyat.

“Peringatan ulang tahun TNI AU kali ini kami laksanakan sederhana tanpa demo udara, sesuai dengan konsep peringatan tahun ini dengan mendekatkan diri kepada masyarakat,” kata Yuyu dalam sambutannya. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait