Rumah Tanpa DP untuk PNS, TNI dan Polri Masih Dibahas

Metrobatam, Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan skema pembiayaan perumahan khusus Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota Kepolisian. Salah satu yang diusulkan adalah skema tanpa uang muka atau down payment (DP) dengan tenor selama 30 tahun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku skema tersebut baru sebatas usulan dalam rapat terbatas (ratas) dan belum diputuskan. “Itu baru diskusi, sekarang lagi diserahkan kepada menko (Darmin) untuk didiskusikan,” kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/4).

Read More

Basuki menuturkan, yang akan didiskusikan di tingkat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian karena tidak hanya satu skema yang diusulkan. Melainkan banyak. Salah satunya, kata Basuki, dirinya mengusulkan agar skema FLPP dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kriteria pendapatan para PNS, prajurit TNI, dan anggota Kepolisian.

“Tapi itu inovasi-inovasi yang perlu didiskusikan dulu karena banyak variasinya. Dan belum diputuskan sama sekali,” tutup dia.

Diketahui, sampai saat ini terdapat 945 ribu PNS, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan skema yang disiapkan pemerintah mulai dari tanpa uang muka hingga tenor yang lebih panjang dari skema kredit pemilikian rumah (KPR) biasanya.

“Intinya kredit kepemilikan rumah yang opsional. Jadi ASN, TNI, Polri disediakan opsi apabila membutuhkan rumah maka ada kredit yang dasarnya kredit multiguna tana DP, jadi nol DP-nya, dan tenornya lebih panjang dari biasanya. Jadi kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun,” kata Bambang di Kantornya, Jakarta, Selasa (17/4). (mb/detik)

Loading...

Related posts