Wiranto: Menuju Adil dan Makmur Harus Berdaulat!

Metrobatam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, (18/4). Mengawali sambutannya, Wiranto mengungkapkan bahwa peranan FKUB sangat penting dalam menjaga kerukunan umat.

Menurutnya, kerukunan suatu bangsa merupakan syarat mutlak bagi sebuah bangsa untuk membangun negara. Hal itu juga, kata Wiranto, sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengamanatkan merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Read More

“Untuk menjuju adil dan makmur harus berdaulat. Untuk berdaulat harus bersatu. Enggak mungkin ada satu negara yang cekcok saja, ribut saja itu berdaulat, (berdaulat) hanya bisa dicapai dengan bersatu. kita bisa ada waktu ada semangat yang sama untuk membangun negeri ini dan hasilnya adalah masyarakat adil dan makmur,” kata Wiranto.

Wiranto mengungkapkan, sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya yang berbeda-beda. Namun, sambungnya, perbedaan tersebut merupakan sudah kodrat, dan harus dijadikan kekuatan satau sama lain.

“Kalau yang beragam itu bersatu, kekuatannya luar biasa. Saling isi dan saling bantu. Tapi kalau keragaman itu juga jadi bagian percekcokan, tak satu sebagai bansga, tentu keberagaman itu menghancurkan negara kita sendri. Keberagaman itu diikat dengan Bhinneka Tunggal Ika,” terangnya.

“Kalau itu kita pegang betul, bangsa Indonesia akan aman. Leluhur kita pun sudah berpesan, dalan pepatah-pepatah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Menurutnya banyak negara-negara yang mengalami perang saudara dan hacur karena tidak bersatu,” imbuhnya.

Dirinya pun mencontohkan beberapa negara yang mengalami perpecahan lantaran tidak bisa memegang erat persatuan. “Lihat Irak, Mesir, Libya, Syria, Soviet, kayak apa digdayanya saat itu, bisa goyah karaena tak satu. Irak kurang apa Sadam Hussein, Iran, Mesir, Khadafi itu saktinya kaya apa tapi karna tak bersatu jadi pecah, kita tak harus mencotoh seperti itu,” paparnya.

Selain Wiranto, beberapa tokoh yang hadir di acara tersebut di antaranya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin.

Tema yang diangakat dalam rakornas ini adalah ‘Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB Dalam Rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu 2019. Dengan adanya rakornas FKUB ini diharapkan nantinya dapat menjaga suasana rukun dan damai jelang menghadapi Pilkada maupun Pilpres 2019 mendatang. (mb/okezone)

Loading...

Related posts