Anggota DPRD Batam Dukung Penataan Papan Reklame, Tapi Jangan Tebang Pilih

Keberadaan papan reklame yang rusak di Salah satu Lokasi di Batam ( foto :tribunews batam)

Metrobatam.com, Batam – Kebanyakan papan reklame atau baliho yang berdiri di pinggiran jalan raya menyalahi aturan. Terutama dalam hal estetika atau keindahan. Sebagian besar baliho masih belum memiliki lampu sorot sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan masih ada baliho yang berdiri tidak memiliki izin.

“Jadi sudah disepakati bahwa penataan akan dilakukan demi keindahan kota Batam. Saat ini yang diutamakan adalah papan reklame yang model LCD. Sementara yang konvensional harus memiliki lampu sorot. Boleh pakai solar cel atau listrik pln,” kata kepala DPM-PTSP, Gustian Riau, Jumat (1/6).

Read More

Gustian meminta kepada semua pengusaha papan reklame untuk membenahi papan reklame masing-masing sebelum dilakukan penertiban. Di mana saat ini, DPM-PTSP juga terus melakukan penataan dengan mempertimbangkan estetika kota.

“Penataan reklame dan bilboard ini juga karena adanya penataan dan perbaikan ruas jalan di Batam. Di mana hampir semua jalan yang biasa terpasang bilboard terkena perbaikan jalan,” katanya.

Ia berharap, billboard yang sudah sempat mendapatkan izin tetapi terdampak pembangunan dalam waktu dekat akan dipindahkan ke lokasi yang berdekatan. Sementara bagi yang bangun sendiri tanpa ada izin dipastikan akan dibongkar. “Sudah banyak yang sesuai ketentuan, tetapi banyak juga yang tidak sesuai ketentuan. Yang jelas, tak punya izin akan dibongkar,”katanya.

Pantuan Batam Pos, dari sepanjang jalan R Suprapto hingga jalan Ahmad Yani Batam Center, sebagian besar baliho tidak memiliki lampu sorot. Meski memang sebagian sudah ada yang model LCD seperti yang ada di perempatan simpang Kabil.

Di simpang Frengky Batam Center pun, masih banyak baliho yang tidak ada lampu sorotnya. Sementara di sepanjang jalan Ahmad Yani, mulai dari Simpang Kara sampai simpang Frengki dipastikan banyak baliho yang akan dibongkar karena berdampak pelebaran jalan.

Anggota komisi I DPRD Kota Batam Tumbur Sihaloho mendukung penataan yang dilakukan Pemko Batam. Tetapi ia berharap agar PAD dari reklame ini bisa lebih signifikan untuk Pemko Batam.

“Tapi saya harapkan kalau dalam penertiban ini tidak boleh tebang pilih. harus objektif,” katanya.

Menurutnya, dalam pemasangan bilboard dan reklame harus tetap mengedepankan keindahan kota. “Jadi jangan lagi semrawut. Harus tertata dengan baik,” katanya.

 

Sumber : Batampos.co.id

Loading...

Related posts