Cuaca Buruk, KSOP Karimun Imbau Nahkoda Waspada Saat Berlayar

Ilustrasi Cuaca Buruk

Metrobatam.com, Karimun – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengimbau nahkoda kapal mewaspadai cuaca buruk saat berlayar.

“Nahkoda harus menggunakan intuisinya untuk keselamatan pelayaran. Segera berlindung jika cuaca tiba-tiba memburuk saat berlayar,” kata Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun Ridwan Chaniago yang dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Read More

Imbauan tersebut disampaikannya terkait dengan kondisi cuaca dalam sepekan terakhir. Hujan lebat disertai angin kencang, kata dia, dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

Ridwan mengatakan sampai saat ini kondisi cuaca masih aman untuk pelayaran sehingga pihaknya belum akan menunda keberangkatan kapal-kapal penumpang di pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun.

“Kapal masih aman untuk datang maupun berangkat,” kata dia.

Namun demikian, kata dia, pihaknya tetap memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai pertimbangan dalam memberangkatkan kapal di pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun.

Dia menegaskan kondisi cuaca menjadi pertimbangan utama dalam memberangkatkan kapal demi terwujudnya pelayaran bebas kecelakaan atau “zero accident”.

“Keberangkatan kapal akan kami tunda kalau cuaca tidak memungkinkan,” ujarnya.

Dia juga menyatakan tidak akan mengizinkan kapal untuk berlayar dengan penumpang melebihi kapasitas.

Berdasarkan pantauan, aktivitas pelayaran kapal-kapal penumpang di pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun berjalan normal di tengah cuaca mendung sejak pagi.

BMKG melalui laman resminya meminta warga waspada terhadap kondisi cuaca di Kepulauan Riau yang berpotensi terjadinya hujan lebat.

Khusus di perairan Tanjung Balai Karimun dalam kondisi berawan pada malam hari dengan suhu berkisar 27 derajat celsius, dan juga berawan pada dinihari dengan suhu sekitar 24 derajat celsius.

(Antarakepri)

Loading...

Related posts