Metrobatam, Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin meminta Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais beristigfar atau memohon ampun kepada Allah, karena mengomentari perpindahan dukungan politik tokoh belakangan ini.

“Diksinya enggak bagus. Narasinya itu tidak bagus sebagai pilihan kata tokoh. Jadi saya minta Pak Amien beristigfar,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (10/7).

Pernyataan Ngabalin ini menanggapi video Amien Rais di Instagram. Amien melalui akun @amienraisofficial mengajak warganet mendoakan tokoh yang berpindah posisi kembali ke jalan yang sesuai hidayah Allah.

Mantan Ketua MPR ini bahkan mengajak warganet tak ikut-ikutan berpindah pendirian di masa mendatang. Dalam video berdurasi satu menit itu, Amien memang tidak menyebut nama tokoh yang dinilai keluar dari jalan yang sesuai dengan hidayah Allah.

Namun, video itu diunggah di tengah-tengah polemik dukungan Politikus Partai Demokrat Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi kepada Presiden Joko Widodo.

Dukungan diberikan TGB agar Jokowi dapat menyelesaikan hal-hal yang telah dimulai di periode pertama. TGB menilai hal itu berkaitan dengan kemaslahatan umat dan akan sehat.

Amien meminta agar tokoh yang melenceng itu didoakan kembali ke jalan yang sesuai hidayah Allah.

Menurut Ngabalin langkah TGB mendukung Jokowi bukan tanpa alasan yang jelas. Dukungan diberikan karena TGB telah memimpin Nusa Tenggara Barat selama 10 tahun sehingga mengerti hati nurani rakyat dan mengerti situasi di lapangan.

“Jadi jangan pernah Pak Amien memilih kata yang mencederai orang, apalagi generasi muda,” kata Ngabalin.

Sebelumnya Amien Rais mengajak publik untuk bersama-sama mendoakan sebagian umat dan tokoh yang berubah haluan.

Seruan Amien itu disampaikan dalam sebuah rekaman video yang diunggah di akun Instagramnya, amienraisofficial. Amien memulai seruannya dengan menyatakan ada fenomena sebagian umat dan tokoh yang membingungkan karena berubah posisi.

Dia menyebut para tokoh itu berubah posisi dari yang dianggap sudah benar, sesuai hidayah Allah, ke posisi yang menimbulkan pertanyaan.

“Nah, untuk mereka kita doakan mereka kembali ke jalan hidayah, jalan yang dibimbing oleh Allah,” ujar Amien dalam rekaman video tersebut.

Sambil mendoakan tokoh-tokoh yang berubah haluan, Amien juga mengajak umat berdoa memohon agar tidak ikut-ikutan berubah haluan seperti sebagian tokoh tersebut.

“Sementara kita sendiri, kita bentengi agar kita tidak ikut-ikutan,” ujar dia.

Sebelum menutup seruan singkatnya, Amien menyitir surat Ali Imran ayat 8 yang terjemahaannya berbunyi: Ya Allah Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau sesatkan kami setelah kami mendapatkan hidayah atau petunjuk dariMu. Ya Allah Engkaulah Maha Pemberi Petunjuk.

“Saya kira inilah doa kita,” ujar Amien sebelum menutup seruannya. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE