Metrobatam, Sidoarjo – Timnas Indonesia U-16 mengawali Piala AFF U-16 2018 dengan mulus. Menghadapi Filipina U-16 di laga perdana Grup A, Garuda Asia menang delapan gol tanpa balas.

Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7), Indonesia U-16 tampil menekan sejak awal. Gol bahkan bisa dicetak saat laga belum genap dua menit.

Di sisi kanan, Amirudin Bagas mengecoh satu pemain Filipina dan melepaskan umpan mendatar ke tengah. Kiper Filipina Franc John Barrera gagal menghalaunya, sehingga Mochamad Supriadi bisa dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan.

Unggul 1-0 membuat Indonesia bersemangat. Tercatat dalam sepuluh menit pertama, Muhammad Fajar Fathur mendapat peluang emas tiga kali, namun gagal mengonversinya menjadi gol.

Terus menekan, gol kedua Indonesia lahir di menit ke-18. Kali ini, Komang Teguh bisa menanduk bola sepak pojok masuk ke gawang Filipina. Skor kini 2-0.

Di menit ke-31, Indonesia kembali menambah keunggulan. Fathur sukses menanduk bola sepak pojok dan membawa tim asuhan Fachry Husaini memimpin 3-0, yang bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Indonesia kembali menambah gol di menit ke-44. Sutan Zico membawa Garuda Asia menjauhkan skor menjadi 4-0 lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas.

Pesta gol Indonesia belum berhenti. Di menit ke-55, Rendy Juliansyah sukses menceploskan bola ke gawang Filipina setelah memanfaatkan umpan tarik Supriadi yang bisa merangsek ke tiang dekat. Skor menjadi 5-0.

Di menit ke-63, Indonesia masih terus membobol gawang Filipina. Pelanggaran terhadap Rendy Juliansyah di kotak penalti membuat David Maulana bisa menambah skor menjadi 6-0 lewat titik putih.

Dua gol tambahan lagi kemudian bisa dilesakkan Bagus Kahfi, yang masuk di babak kedua. Pertama usai memanfaatkan sodoran Rendy di menit ke-67, lalu yang kedua usai memanfaatkan assist saudara kembarnya Bagas Kaffa di menit ke-73. Skor 8-0 bertahan hingga laga tuntas.

Hasil ini membawa Indonesia memimpin sementara Grup A Piala AFF U-16 dengan tiga poin dengan keunggulan gol dari Myanmar dan Vietnam. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Myanmar juga di Stadion Gelora Delta, Selasa (31/7).

Harusnya Bisa Menang Lebih Besar

Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mensyukuri kemenangan telak atas Filipina. Tapi, Fakhri menyebut timnya sebenarnya bisa menang dengan skor lebih besar.

Timnas Indonesia U-16 mencukur Filipina dengan skor 8-0 pada laga pertamanya di ajang Piala AFF U-16. Gol-gol Garuda Asia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018), dicetak oleh Mochammad Supriadi, Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Fajar Fathur, Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah, David Maulana, dan pemain pengganti Bagus Kahfi (dua gol).

Kemenangan besar ini menempatkan Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan tiga poin. Indonesia unggul selisih gol atas Myanmar dan Vietnam yang punya poin sama.

“Kami bersyukur karena kemenangan ini berkat doa masyarakat Indonesia dan selain itu kami bangga terhadap para pemain. Dan kami bangga dengan permainan mereka karena mampu menjalankan tugas dengan baik,” kata Fakhri seusai pertandingan.

“Seharusnya timnas U-16 ini bisa menang lebih dari delapan gol. Masih banyak peluang yang seharusnya gol, namun tidak membuahkan gol. Tapi kami menyadari bahwa permainan bola seperti itu,” tambah Fakhri.

Indonesia selanjutnya akan berhadapan dengan Myanmar pada pertandingan kedua yang akan digelar di Stadion Gelora Delta pada Selasa (31/7).

“Kami tetap akan melakukan rotasi para pemain karena kompetisi ini recovery hanya satu hari. Untuk menjaga kondisi para pemain harus dirotasi,” kata Fakhri.

Sementara itu, kapten Timnas Indonesia U-16 David Maulana mengatakan bahwa kemenangan ini tak lepas dari dukungan penuh para suporter yang memadati Stadion Gelora Delta.

“Kami akan terus bermain secara maksimal dengan harapan agar memenuhi target ke final Piala AFF ini. Kemenangan ini berkat kerja sama yang kompak dan komunikasi yang baik antarpemain,” ujarnya.

“Berkat dukungan ribuan suporter di Stadion Delta Sidoarjo ini teman-teman bermain dengan penuh semangat. Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia,” tutur David.

Susunan Pemain

Indonesia U-16: Ernando, Yudha, Fadilah, Teguh, Bagas, Brylian, Andre, David, Supriadi, Fajar, Zico

Filipina U-16: Franc John, Jeremy, Raphaelle, Kerome, RJ Vincent, Antoine, James, Khent, Sandro, Florenz, Thoma. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Dibantarkan Sejak 2 April, Rommy Segera Kembali Ditahan KPK di Rutan

Metrobatam, Jakarta - Tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Romahurmuziy (Rommy) masih dalam pembantaran di RS Polri. Rommy dirawat di...

Kasus Dagang Perkara, 2 Hakim PN Jaksel Didakwa Terima Suap Ratusan Juta

Metrobatam, Jakarta - Jaksa KPK mendakwa R Iswahyudi Widodo dan Irwan telah menerima suap karena 'memperdagangkan' perkara. Iswahyudi dan Irwan didakwa dalam kapasitasnya sebagai...

Kominfo Rilis 23 Hoaks, Termasuk Neno Sebut Prabowo Rasul

Metrobatam, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Subdit Pengendalian Konten Internet merilis temuan hoaks seputar Pemilu 2019 per Sabtu, 20 April 2019....

Kisah Petugas KPPS Lebak Meninggal Saat Sujud Salat

Metrobatam, Lebak - Petugas KPPS di Lebak, Banten, Jumri meninggal karena kelelahan selama proses hitung suara. Sempat izin untuk salat subuh saat penghitungan C1...

PDIP Curigai Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang di Surabaya

Metrobatam, Surabaya - Bawaslu Surabaya merekomendasikan penghitungan suara ulang di seluruh TPS Surabaya. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menilai sikap Bawaslu...

KASN Tolak Gabung jika TPF Kecurangan Pilpres 2019 Dibentuk

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menolak bergabung jika kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat membentuk...

Selama Pemilu 54 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal

Metrobatam, Jakarta - KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah...

Caleg PDIP Ditangkap di Kasus Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi

Metrobatam, Sungai Penuh - Polisi menangkap 3 pelaku kasus pembakaran 15 kotak surat suara DPRD di Sungai Penuh, Jambi. 3 orang yang ditangkap 1...

Menlu Ditemui Dubes Sri Lanka, RI Siap Beri Bantuan Pascateror Bom

Metrobatam, Jakarta - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi. Dalam pertemuan itu,...

Bawaslu Kota Tanjungpinang akan Perketat Pengawasan 5 TPS PSU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang akan perketat proses pengawasan terhadap 5 TPS yang akan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini...

Istri Almarhum Sys NS Menikah Lagi

Metrobatam, Jakarta - Penyiar senior Sys NS telah berpulang 2018 lalu. Kini, sang istri diketahui telah memutuskan untuk menikah lagi. Istri almarhum Sys NS, Shanty,...

Menkes: Boleh Bangga Punya MRT, Tapi Jangan Jadi Sarang TBC

Metrobatam, Jakarta - Penyakit menular masih menjadi ancaman di Indonesia. Tuberkulosis (TBC atau TB) merupakan salah satu dari banyak penyakit yang masih menjadi beban...