Jokowi Ingatkan Bupati Se-Indonesia Hati-Hati dalam Kelola Ekonomi Daerah

Metrobatam, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menerima para bupati se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan pentingnya sinergi antarpemerintah pusat dan daerah.

“Perlu saya mengingatkan, pentingnya masalah-masalah yang ada di negara kita, agar semua bapak/ibu bupati mengetahui. Sehingga langkah-langkah yang dimulai dari kabupaten, kemudian naik ke provinsi dan pusat betul-betul bisa diselesaikan bersama-sama,” kata Jokowi di lokasi, Selasa (31/7).

Kepala Negara mengatakan permasalah pertumbuhan ekonomi di dunia belum dalam keadaan baik. Sebab itu, ia meminta para bupati lebih dapat berhati-hati dalam mengelola anggaran daerah.

“Sehingga saya berharap semuanya hati-hati dalam mengelola ekonomi di daerah masing-masing,” ujarnya

Bacaan Lainnya

Jokowi memaparkan, pertumbuhan ekonomi nasional berawal dari daerah. Adapun pertumbuhan ekonomi nasional saat ini di atas lima persen.

“Karena ekonomi di kabupaten, kalau sudah terkumpul semuanya kabupaten/kota, naik ke provinsi, naik ke nasional, kan itu akan jadi pertumbuhan ekonomi nasional. Alhamdulilah, meskipun ada tekanan dri ekonomi global, kita masih bisa tumbuh di atas lima lebih sedikit,” tambah Kepala Negara itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta berterima kasih kepada bupati yang mampu menekan maupun mengendalikan angka inflasi daerah, teruma yang berkaitan dengan harga sembako.

“Setiap hari kalau bapak ibu saudara lihat, tekanan dari adanya kenaikan suku bunga di Amerika juga terus menekan rupiah kita, kemudian perang dagang China dan AS, semuanya harus tahu, ini juga menekan ekspor, menekan neraca perdagangan kita, sehingga memerlukan kerja keras kita bersama, agar pertumbuhan ekonomi di daerah tidak tertanggu dan dalam Lingkup negara pertumbuhan ekonomi nasional kita tdak terganggu,” tandasnya. (mb/okezone)

Pos terkait