Mahfud MD Kritik Seruan Jihad Rizieq Shihab Lewat Poster

Metrobatam, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD meminta agar semua anak bangsa menyambut pemilihan presiden (pilpres) 2019 dengan damai.

Pernyataan ini disampaikan Mahfud MD menanggapi beredarnya sebuah poster di media sosial dengan wajah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan pesan-pesan yang dianggap provokatif di dalamnya.

“Mari berdamai sesama anak bangsa. Itu kalimatnya provokatif. Siapapun yang membuat itu terlalu berlebihan. Saya kita itu bukan dari Habib Rizieq juga. Siapapun yang membuat seruan provokatif itu harus berhenti,” kata Mahfud kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/8).

Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu juga menjelaskan jihad yang sesungguhnya adalah mengendalikan hawa nafsu. Dalam konteks Indonesia kini, imbuh Mahfud, jihad adalah menahan nafsu amarah agar tidak bermusuhan sesama anak bangsa. Apalagi bermusuhan hanya untuk agenda pilpres.

Bacaan Lainnya

“Adalah lebih baik menempuh jalan damai, berembuk dari hati ke hati, daripada bertatung habisan hanya untuk agenda 5 tahunan,” tegas Mahfud.

Mahfud tidak mau berkomentar lebih jauh terkait aksi kerusuhan 2019 ganti presiden di Surabaya ataupun Riau, yang menjadi musabab munculnya seruan jihad yang diklaim dari Rizieq Shihab tersebut. Mahfud kembali meminta agar sesama anak bangsa harus berdamai.

“Saya tidak mau berkomentar per kasus, karena kita tidak tahu siapa yang melakukan dan merekayasa itu sesungguhnya. Intinya mari berdamai sesama anak bangsa,” ungkap Mahfud.

Terlalu Lama Menanti 2019

Sebelumnya Rizieq Shihab angkat suara menanggapi Neno Warisman yang dihalangi aparat keamanan untuk bisa hadir di deklarasi #2019GantiPresiden di Pekanbaru, Riau. Merujuk dari pernyataan Rizieq yang dikonfirmasi juru bicara FPI Slamet Maarif, sosok yang kini masih berada di Mekkah tersebut geram atas penolakan Neno.

“Rezim semakin ngawur, negara semakin kacau, terlalu lama menanti 2019,” tutur Rizieq.

Rizieq menilai aparat keamanan adalah wasit dalam alam demokrasi. Tidak seharusnya berada di pihak tertentu. Jika wasit sudah turun ke lapangan, lanjutnya, maka hanya tinggal menunggu penonton ikut turun ke lapangan pula.

Rizieq menyerukan kepada umat Islam untuk melakukan jihad dan revolusi. Menurutnya, hanya itu langkah yang perlu ditempuh untuk melawan aparat dan preman yang telah bekerjasama.

Dia mengajak umat Islam untuk mengejar para pelaku persekusi terhadap ulama dan aktivis. Jika itu tidak dilakukan, Rizieq menduga akan terulang kembali di kemudian hari.

“Mereka sudah keterlaluan. Menghadang perempuan, aparat membiarkan,” ucap Rizieq.

“Ayo lawan preman bayaran dan pelindungnya,” lanjut Rizieq.

Sebelumnya, Ustazah Neno Warisman tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau pada pukul 15.00 WIB, Sabtu (25/8). Dia berencana menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden di Pekanbaru esok harinya, yakni pada Minggu (26/8).

Akan tetapi, Neno tidak bisa keluar dari bandara meski sudah berada di dalam mobil. Dia diadang ratusan orang yang melakukan aksi menolak kedatangan Neno di sekitar Bandara.

Massa tersebut membentangkan spanduk bertuliskan tolak deklarasi ganti presiden pada ruas jalan pintu keluar bandara. Aparat kepolisian dan TNI juga menutup akses massa dengan pagar untuk masuk bandara.

Setelah berjam-jam tertahan di dalam mobil, Neno akhirnya keluar dari mobil pada pukul 22.00 WIB. Dia lalu dipindahkan ke mobil operasional bandara.

“Saya dipaksa pulang naik pesawat. O, begitu mau dipaksa pulang. Ternyata mau dibawa ke sini,” ujar Neno dalam video yang disebarkan Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, lewat akun Twitter-nya pada pukul 22.45 WIB, Sabtu (25/8). (mb/cnn indonesia)

Pos terkait