Akibat Cuaca, Ferry MV. Voc Batavia Laka Laut dengan Kapal Super Tengker

Metrobatam.com, Tanjungpinanag – Telah terjadi Laka laut antara MV. Voc Batavia Ferry rute Terempa-Tanjungpinang dengan Kapal Super Tangker MT. Pacific Crown, Kamis (11/10) Pukul 13.14 WIB bertempat di Laut lepas pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T.

Data yang diperoleh media dari Kepala SAR Tanjungpinang, Kapal MV. VOC Batavia membawa 153 penumpang dari Tarempa menuju Tanjungpinang.

Berdasarkan data yang diperoleh kejadian terjadi sekitar, Pukul 13:10 WIB kapal MV. Voc Batavia dengan kecepatan 23 Knot jarak pandang ke laut 700 Meter.

Pukul 13:14 WIB Pada jarak pandang 500 meter 1 buah kapal tanker terlihat. Namun MV. Voc Batavia masih pada kecepatan 23 Knot kemudian pada jarak 100 meter baru nahkoda MV. Voc Batavia menurunkan kecepatan kemudian benturan terjadi dengan MT. Pacific Crown.

Bacaan Lainnya

Pukul 13.18 WIB diketahui 1 orang penumpang posisi di luar atas lambung kiri MV. Voc Batavia jatuh ke laut akibat benturan. Selanjutnya kapal MV. Voc memutar haluan kapal untuk melaksanakan evakuasi 1 orang penumpang yang terjatuh ke laut. Selanjutnya penumpang dapat diselamatkan oleh ABK MV. Voc Batavia menggunakam Lifeboat.

Pukul 13:20 WIB ABK mesin MV. Voc batavia melaks pengecekan ruang mesin kapal dengan hasil tidak ada kerusakan. Pukul 13.24 WIB Kapal MV. Voc Batavia melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Pinang (Dermaga Sri Bintan).

Akibat laka laut ini, Lambung kiri kapal (bagian atas rusak pecah/retak hingga bagian dalam kapal sepanjang 1.5 Meter. Reling bagian atas lambung kapal rusak berat. Tiang anjungan patah. Lambung kiri samping haluan kapal rusak parah. 1 orang penumpang yang menjatuhkan diri kelaut pada saat benturan sudah diselamatkan mengalami sesak/susah nafas (diduga masih trauma) masih dalam penanganan seadanya selama di kapal.

Keterangan Korban melompat ke laut karena panik kapal sudah menabrak dan lambung atas kapal rusak pada Reling sehingga korban spontan melompat ke laut.

Pada Saat MV. Voc Batavia melaksanakan pelayaran cuaca dalam kondisi cerah pada saat di laut Anambas, namun pada saat sudah mendekati laut Bintan cuaca hujan deras sehingga mengakibatkan jarak pandang minim.

Pukul 16:40 WIB, MV VOC Batavia berhasil mencapai pelabuhan Sri Bintan Pura dengan aman seluruh penumpangnya dalam kondisi aman.

(Budi MB)

Pos terkait