Liga Champions: Salah Dua Gol, Liverpool Bungkam Red Star 4-0

Liverpool – Liverpool memetik poin penuh di matchday 3 Liga Champions usai menang telak saat menjamu Red Star Belgrade. The Reds menang 4-0 atas tim tamu.

Dalam pertandingan matchday 3 Liga Champions di Anfield, Kamis (25/10) dini hari WIB, Liverpool tampil begitu dominan. Sementara itu, Red Star kesulitan mengembangkan permainan dan sama sekali tak melepaskan tembakan ke arah gawang di sepanjang laga.

Liverpool mampu mengonversi dominasi menjadi gol. Di babak pertama, tuan rumah sudah unggul 2-0 berkat gol Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Di paruh kedua, Salah kembali mencetak gol, kali ini lewat eksekusi penalti. Sadio Mane kemudian memantapkan kemenangan Liverpool menjadi 4-0 lewat golnya di menit ke-80.

Bacaan Lainnya

Dengan kemenangan ini, Liverpool naik ke puncak klasemen Grup C dengan enam poin, unggul satu angka atas Napoli yang di saat bersamaan bermain imbang 2-2 melawan Paris Saint-Germain. Sementara itu, Red Star terbenam di dasar klasemen dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Ancaman pertama dari Liverpool datang lewat Roberto Firmino. Setelah menerima bola dari Mohamed Salah, Firmino mencoba melepaskan tembakan. Namun sepakannya justru membentur rekan setimnya sendiri, Trent Alexander-Arnold.

Umpan lambung dari Xherdan Shaqiri jatuh ke kaki Salah yang mengontrol bola dengan baik di kotak penalti. Namun kiper Red Star Milan Borjan dengan cepat mengamankan bola sebelum ditendang oleh Salah.

Red Star mendapat tendangan sudut pertamanya dan nyaris mengejutkan publik Anfield. Bola tendangan sudut diteruskan Srdan Babic dengan tendangan voli. Namun, meski berdiri bebas, Babic tak mampu mengarahkan sepakannya ke gawang.

Liverpool membuka keunggulan di menit ke-20. Firmino menjebol gawang tim tamu lewat tendangan dari dalam kotak penalti.

Shaqiri melepaskan umpan terobosan kepada Andrew Robertson. Robertson kemudian memberi umpan tarik kepada Firmino yang ada di dekat titik penalti. Setelah mengontrol bola, Firmino melepaskan tembakan dengan kaki kiri.

Liverpool kembali menciptakan peluang. Shaqiri mendapat bola dari salah dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun bola masih bisa diamankan Borjan.

Terus menyerang, Liverpool baru bisa menambah gol jelang berakhirnya babak pertama. Kali ini giliran Salah yang mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini berawal dari bola operan Fabinho yang diteruskan oleh Shaqiri kepada Salah. Salah kemudian melepaskan tendangan dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti untuk menjebol gawang Red Star.

Babak kedua berjalan lima menit, Liverpool mendapat penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah kapten Red Star Filip Stojkovic dinilai menyikut Sadio Mane.

Salah maju sebagai eksekutor. Pemain asal Mesir itu mengarahkan tendangannya ke tengah dan mengecoh Borjan untuk memberi Liverpool keunggulan 3-0.

Firmino nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-63. Tapi tembakannya ke arah kiri gawang masi bisa diantisipasi oleh Borjan.

Red Star hampir dapat peluang untuk mencetak gol balasan. Slavoljub Srnic melepaskan umpan mendatar tapi El Fardou Ben Nabouhane tak mampu menjangkau bola.

Liverpool kembali mendapat penalti di menit ke-76. Kali ini El Fardou Ben dinilai melakukan handball di kotak penalti.

Mane maju sebagai eksekutor. Namun ia gagal menyarangkan bola ke dalam gawang. Bola tendangannya ditepis oleh Borjan dan kemudian menerpa mistar gawang.

Namun Mane menebus kegagalannya empat menit kemudian. Kali ini dia sukses menjebol gawang Red Star setelah menuntaskan umpan terobosan dari Daniel Sturridge.

Liverpool nyaris menambah gol di menit ke-81. Adam Lallana menggiring bola hingga ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Borjan. Namun tendangannya masih mengarah tepat ke kiper Red Star itu.

Unggul empat gol tak membuat Liverpool mengurangi upayanya untuk mencetak gol. Kali ini Daniel Sturridge mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan memaksa Borjan melakukan penyelamatan.

Di masa injury time, Mane nyaris menambah keunggulan Liverpool. Namun tendangannya hanya mengenai sisi samping luar jaring gawang Red Star.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson (Moreno 82′), Shaqiri (Lallana 68′), Wijnaldum, Fabinho, Salah (Sturridge 73′), Firmino, Mane

Red Star: Borjan, Stojkovic, Babic, Degenek, Gobeljic, Krsticic, Jovicic (Causic 75′), Srnic, Ben Nabouhane (Simic 81′), Ebecilio (Jovancic 65′), Boakye. (mb/detik)

Pos terkait