Siswi SMA Ini Melahirkan di Bandara, Bayinya Dibuang di Closet

Metrobatam, Balikpapan – Masyarakat Balikpapan digemparkan dengan penemuan bayi laki-laki di dalam kloset toilet A2 kedatangan Bandara Sepinggan, Balikpapan pada Jumat 19 Oktober menjelang tengah malam atau sekira pukul 23.31 Wita.

Kurang dari dua jam, Polres Balikpapan bersama TNI AL, AP I Balikpapan berhasil mengetahui pemilik bayi tersebut. Polisi berhasil mengamankan seorang pelajar SMA berinisial ND (18) yang diduga ibu kandung yang datang dari Yogyakarta bersama kedua orangtuanya dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Terbongkarnya kasus tersebut dari penelusuran melalui CCTV yang dimiliki Bandara Sepinggan Balikpapan. Dari CCTV, terlihat pelaku dijemput oleh saudara lak-laki dan meninggalkan Bandara Sepinggan menggunakan taksi menuju hotel pada pukul 23.43 Wita.

Pelaku ditangkap saat beristirahat di salah satu kamar hotel di kawasan Jalan MT Haryono sekira pukul 01.00 Wita. Dan pada pukul 02.40 Wita, pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bayangkara Balikpapan untuk memastikan pelaku telah menjalani kelahiran darurat di toilet bandara dan meninggalkan bayinya dalam closet.

Bacaan Lainnya

Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Makhfud Hidayat membenarkan kasus ini terbongkar dari CCTV bandara. Pihaknya memastikan pelakunya datang dari luar kota untuk tujuan Kota Sangata, Kutai Timur. Namun, mereka memilih bermalama di hotel karena sudah larut malam.

“Setelah kita lakukan penyelidikan dan mendapatkan gambar pelaku pembuang bayi di toilet Bandara Sepinggan Balikpapan, akhirnya diketahui jika pelaku menginap di salah satu hotel di kawasan Damai, Jalan MT Haryono. Pelaku kita amankan saat beristirahat di salah satu kamar hotel,” ujarnya.

Penemuan bayi di dalam closet toilet wanita A2 Kedatangan Arrival Barat Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ini awal ditemukan oleh Hasriani petugas kebersihan bandara.

Dia kaget menemukan sosok bayi yang masih ada tali pusar. Hasriani curiga karena ada ceceran darah dilantai toilet. Atas temuan ini dia melaporkan kepada petugas Asvec yang selanjutkan kepada polsek Bandara.

“Saksi yang melihat ada jasad bayi dalam closet, langsung melaporkan kepada petugas keamanan bandara dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bandara Sepinggan,” tambahnya.

Diduga, pelaku adalah penumpang pesawat Lion Air dari Jogja dengan nomor penerbangan JT 664 Jogja – Balikpapan.

“Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui telah melahirkan di toilet Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tanpa bantuan orang lain dan membiarkan bayi yang dilahirkan itu di dalam closet,” ujar Makhfud.

Saat ditemukan, kondisi bayi sudah tidak bernyawa alias meninggal dunia. Bayi sempat dibawa ke Rumah Sakit TNI AU untuk memastikan kondisi bayi. Selanjutnya, jasad bayi kemudahan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan untuk dilakukan visum.

Atas perbuatannya, ND dikenakan Pasal 306 KUHP Ayat (2) jo Pasal 307 dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. (mb/okezone)

Pos terkait