Metrobatam, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air (SDA) punya rapor merah soal serapan anggaran tahun 2018. Tercatat, penyerapan anggaran keuangan Dinas Sumber Daya Air cuma sebesar 29,9 persen.

Dilihat detikcom, Senin (12/11), situs resmi milik DKI yakni publik.bapedadki.net merinci serapan anggaran tiap SKPD DKI. Baik-tidaknya serapan anggaran ditandai dengan warna. Hijau merujuk serapan anggaran yang baik (91%-100%). Sementara warna merah menunjukkan buruknya serapan anggaran (<50%).

Berikut 7 SKPD DKI dengan serapan paling rendah

  1. Dinas Sumber Daya Air (SDA): 29,9%
  2. Dinas Pemuda dan Olahraga: 41,8%
  3. Dinas Bina Marga: 44,4%
  4. Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan: 46,6%
  5. Badan Pengelola Aset Daerah: 50,4%
  6. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan: 54,2%
  7. Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo: 55,3%

Sebelumnya, Sekda DKI Saefullah mengatakan sudah menggenjot dinas-dinas yang anggarannya rendah. “Bina Marga lagi dipacu, Tata Air juga dipacu, Pendidikan dipacu. Lagi dipacu terus,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas SDA DKI Teguh Hendarwan menargetkan penyerapan anggaran di dinasnya bisa mencapai 80 persen pada akhir tahun. Teguh mengatakan Dinas SDA mempunyai anggaran sebesar Rp 4,3 triliun di APBD-Perubahan 2018 dan akan fokus pada pengendalian banjir.

“Kami target 80 persen. Kami nggak terlalu muluk ya,” kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/10).

“Ada total Rp 4,3 triliun setelah APBDP, yah jadi kami ini masih kejar terus karena hampir sebagian besar itu adalah proyek-proyek konstruksi yang progress pekerjaannya sudah berjalan,” lanjut dia. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...