Liga Champions: Liverpool Tumbang di Kandang Red Star

Belgrade – Liverpool menuai hasil negatif dalam laga tandangnya ke Red Star Belgrade. Ketika 90 menit laga tuntas, The Reds takluk dengan skor 0-2.

Pada matchday keempat Liga Champions yang dihelat di Stadion Rajko Mitic, Rabu (7/11) dinihari WIB, Liverpool memang mendominasi denngan 72 persen ball possesion serta membuat 14 attempts, tapi hanya dua yang on target.

Sementara, Red Star bikin total tujuh dengan empat di antaranya on goal. Dua bahkan berbuah gol yang seluruh diboyong penyerang Milan Pavkov di babak pertama.

Kekalahan kedua di Grup C memang belum menggoyahkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan enam poin. Tapi Si Merah rawan digeser Napoli atau Paris St-Germain yang baru bermain sesaat lagi. Meski ada di dasar klasemen, Red Star dengan empat poin menambah sengit persaingan menuju 16 besar.

Bacaan Lainnya

Jalannya pertandingan

Liverpool memulai laga dengan tidak mulus ketika Red Star mencoba mengambil inisiatif serangan dan langsung menekan pertahanan mereka. Tim tamu kesulitan mengembangkan permainan di awal laga ini.

Satu peluang didapat Red Star lewat Vujadin Savic tapi sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melenceng di sisi kiri gawang Alisson Becker.

Di menit ke-17 Liverpool mendapat peluang pertama untuk bikin gol ketik Andy Robertson mengirim umpan silang ke kotak penalti dan disambar Daniel Sturridge, namun bola sepakannya masih melayang di atas mistar.

Red Star mengancam lagi ketika Ben Nabouhane melepaskan sepakan keras dari jarak jauh namun Alisson bisa menepisnya pada menit ke-21. Dari situ lahir korner yang menjadi gol dan membawa Red Star memimpin 1-0.

Bola dari dari Marko Marin menuju ke depan gawang dan ditanduk sempurna oleh penyerang Red Star, Milan Pavkov, untuk menjebol gawang Alisson.

Pavkov! Penyerang Red Star itu membuat stadion bergelora lagi ketika tembakan dari jarak 25 yard dengan mudah membobol jala Liverpool dan membawa tuan rumah memimpin 2-0.

Liverpool benar-benar tak berkutik di babak pertama dan sulit membuat peluang bersih. Mohamed Salah dan Sadio Mane di lini serang selalu mendapat penjagaan ketat dari pemain belakang Red Star.

Hingga turun minum, skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Red Star.

Masuk di babak kedua, Liverpool coba mengambil inisiatif serangan. Ada peluang ketika Robertson mengirim umpan dari sisi kiri dan disambut sepakan Mane di depan gawang, tapi bek Red Star dengan sigap menghalanginya.

Liverpool melakukan dua pergantian dengan memasukkan Roberto Firmino menggantikan Daniel Sturridge dan Joe Gomez menggantikan Trent Alexander-Arnold. Tapi, usaha mereka mencari gol selalu membentur tembok tebal pertahanan Red Star.

Di menit ke-55 Robertson dari sisi kiri melepaskan crossing yang membentur pemain Red Star dan nyaris berbuah gol andaikan tidak membentur tiang.

Liverpool akhirnya mendapat attempts on target pertama di menit ke-70 ketika Salah melepaskan sepakan dari jarak 20 yard tapi bisa ditepis Milan Borjan dan berujung korner.

Dari sepak pojok itu, Salah kembali mendapat bola di antara kerumunan pemain di kotak penalti dan mampu menembak, meski cuma menghantam tiang.

Liverpool benar-benar kesulitan menembus barikade pertahanan Red Star dan membuat Klopp frustrasi. Di sepuluh menit waktu tersisa pun, Liverpool tak bisa membuat peluang emas.

Hingga laga berakhir skor 2-0 untuk kemenangan Red Star tetap bertahan.

Susunan pemain

Red Star Belgrade: Milan Borjan; Filip Stojkovic (Marko Gobeljic.61′), Vujadin Savic, Milos Degenek, Milan Rodic; Nenad Krsticic (Branko Jovicic 73″, Dusan Jovancic; Slavoljub Srnic, Marko Marin (Goran Causic 66′), Ben Nabouhane; Milan Pavkov.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold (Joe Gomez 46′), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Georginio Wijnaldum, Adam Lallana (Divock Origi 79′); Mohamed Salah, Daniel Sturridge (Roberto Firmino 46′), Sadio Mane. (mb/detik)

Pos terkait