Liga Champions: Tundukkan PSV, Barcelona Juara Grup B

Eindhoven – Barcelona memastikan diri sebagai juara Grup B Liga Champions. Barca berhasil memenangi laga tandang melawan PSV Eindhoven 2-1 di matchday 5.

Barcelona lebih dahulu telah mengunci kelolosan ke babak 16 besar sejak matchday 4. Bertamu ke Stadion Phillips, Kamis (29/11) dinihari WIB, Los Cules direpotkan dengan performa menawan PSV yang sempat dua kali mengenai mistar gawang. Sekalipun pada akhirnya skor seimbang tanpa gol di sepanjang babak pertama.

Setelah turun minum, Barca mematahkan hati PSV dengan mencetak dua gol lewat Lionel Messi dan Gerard Pique. Gol balasan tim tuan rumah dicetak oleh Luuk de Jong..

Dengan hasil ini, Barcelona memenangi grupnya usai mengoleksi 13 poin hasil lima pertandingan. Dengan satu laga sisa, Blaugrana tidak akan bisa dikejar lagi oleh Tottenham Hotspur ataupun Inter Milan yang menghuni peringkat dua dan ketiga dengan tujuh poin.

Bacaan Lainnya

Di laga grup terakhir, Barca akan menjamu Tottenham dan Inter akan kedatangan PSV.

Jalannya Pertandingan

PSV langsung menguji Marc-Andre Ter Stegen di menit-menit awal. Dari tendangan bebas, eksekusi Gaston Pereiro meluncur ke sudut kiri bawah gawang Barca, namun Ter Stegen mampu menjatuhkan diri untuk menepis bola.

Barcelona nyaris kebobolan di menit ke-16. Kesalahan Ivan Rakitic membuat bola bisa dikuasai PSV, Pereiro melakukan penyelesaian dengan tembakan ke sudut kanan bawah gawang tapi masih mengenai tiang.

Barcelona mencoba keluar dari tekanan dengan melancarkan serangan dari berbagai penjuru. Namun, PSV tampil solid sejauh ini.

Sampai akhirnya di menit ke-35, Barca menciptakan peluang nyata pertamanya. Lionel Messi berakselerasi ke arah gawang sebelum mengirim operan kepada Philippe Coutinho. Gelandang Brasil itu kemudian menusuk kotak penalti sebelum melakukan penyesaian dengan tendangan dari sudut sempit, namun masih bisa diblok Nick Viergever.

Dua menit berselang, Barca kembali meneror PSV yang sama-sama berhasil diselamatkan dua kali dari garis gawang.

Dari tendangan sudut, Arturo Vidal menyambut bola dengan sundulan ke sudut atas gawang tapi mampu dihalau Rosario. Selanjutnya, Vidal melakukan tandukan ke tiang jauh, Hendrix melakukan sapuan.

Jelang turun minum, PSV kembali membuang peluang mencetak gol. Dari tendangan bebas, Luuk De Jong menyambut dengan sundulan tapi bola mengenai mistar gawang. Bola rebound disontek Denzel Dumfries tapi membentur tiang.

Skor 0-0 bertahan sampai jeda. Selepas restart, PSV dan Barcelona saling menyerang tapi klub Catalan itu sedikit lebih berbahaya. Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-61 di mana Barca unggul 1-0.

Dari kerjasama dengan Ousmane Dembele, Messi melewati De Jong dan membuka celah di depan Angelino sebelum melepaskan tendangan yang bersarang di sudut atas gawang PSV.

Keunggulan Barca bertambah sembilan menit kemudian. Messi mengeksekusi tendangan bebas yang dibelokkan Gerard Pique sehingga bola berubah arah untuk menembus gawang PSV. Barca memimpin 2-0.

Pemain pengganti Malcom nyaris menambah keunggulan Barca di menit ke-73. Dembele meneruskan umpan Messi dengan crossing ke tiang jauh yang diteruskan Malcom dengan sontekan namun melebar.

Dua menit kemudian, PSV merespons. Hirving Lozano melewati Clement Lenglet di sisi kanan sebelum menusuk untuk mengirim operan kepada Steven Bergwijn. Sayangnya, penyelesaian Bergwijn melebar tipis.

Jelang memasuki 10 menit terakhir, Angelino melepaskan umpan ke kotak penalti namun De Jong gagal melakukan penyelesaian.

Gol yang ditunggu-tunggu PSV akhirnya terlahir di menit ke-82. Umpan Angelino disambut De Jong dengan sundulan untuk mengubah skor menjadi 1-2.

Semenit jelang waktu normal habis, serangan balik Barcelona menciptakan peluang. Malcom menusuk kotak penalti tapi Zoet keluar dari sarangnya di saat yang tepat. Alhasil, tembakan Malcom melambung.

Di masa injury time, PSV mencoba melakukan tekanan demi mengejar gol penyama. Namun, di sisa waktu tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga Barca berhak atas kemenangan 2-1.

Susunan Pemain

PSV EINDHOVEN: Zoet, Schwaab, Viergever, Angelino, Dumfries, Hendrix (Gutierez 71′), Pereiro (Malen 71′), Rosario, De Jong, Bergwijn (Romero 80′), Lozano

BARCELONA: Ter Stegen, Pique, Alba, Lenglet, Nelson Semedo, Rakitic, Vidal, Busquets, Coutinho (Malcom 69′), Messi, Dembele (Denis Suarez 80′). (mb/detik)

Pos terkait