Metrobatam.com, Australia – Obat yang disamakan dengan pil kontrasepsi untuk HIV telah dipuji atas keberhasilannya menekan jumlah kasus baru HIV di Australia Barat (WA) yang berada di titik level terendah dalam 10 tahun terakhir.

Keseluruhan penurunan kasus HIV di Australia Barat ini sebagian besar telah dicapai melalui penurunan sebesar 42 persen dalam kejadian kasus HIV di kalangan laki-laki homoseksual dari tahun ke tahun.

Tetapi pihak berwenang tetap mengkhawatirkan angka prevalensi HIV di kalangan warga heteroseksual, di mana tingkat kasus penyakit ini tetap stabil terkait dengan penurunan besar yang ditunjukkan dalam komunitas gay.

Tercatat ada 67 kasus baru HIV yang dilaporkan tahun lalu, turun dari 91 kasus pada tahun sebelumnya. Penurunan terbesar terjadi pada kasus HIV di kalangan homoseksual, yang turun dari 53 menjadi 31 kasus.

Sebaliknya, jumlah kasus HIV di kalangan heteroseksual tetap stabil di angka 30 kejadian, sebagian besar berjangkit di kalangan laki-laki yang mengunjungi Asia Tenggara.

Departemen Kesehatan WA mengaitkan tren penurunan secara keseluruhan ini dengan sejumlah strategi, termasuk akses ke obat-obatan profilaksis pra pemaparan, atau PrPP (PrPP) untuk mencegah infeksi HIV berkembang, program pengujian yang lebih baik dan tingkat pengobatan yang tinggi bagi mereka dengan HIV.

PrPP bekerja di bawah konsep yang mirip dengan kontrasepsi oral, di mana pil diambil sebagai tindakan pencegahan dan bukan sebagai pengobatan.

 

Sumber : Detik.com

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...