RI Bakal Punya Jalan Tol Bertingkat Terpanjang di Dunia

Metrobatam, Jakarta – PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk mendapatkan hak konsesi jalan tol layang Wiyoto Wiyono atau Harbour Road 2. Tol ini akan melintasi pelabuhan Tanjung Priok hingga ke wilayah Pluit Jakarta Utara.

Direktur Utama PT CMNP Tbk Tito Sulistio mengatakan tol tersebut akan dibangun dengan bertingkat di atas jalan yang sudah eksisting. Tol dengan panjang 9,2 km tersebut kata dia akan menjadi tol bertingkat terpanjang di dunia.

“Yang kita bangun akan menjadi yang terpanjang di dunia untuk double decker (jalan bertingkat),” kata Tito kepada detikFinance dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Rabu (31/10).

Jalan tol tersebut nantinya akan tersambung dengan tol Cawang-Pluit yang sudah dioperasikan CMNP. Dibangunnya tol dengan konstruksi bertingkat lantaran keterbatasan lahan di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Bayangin, nanti itu pembangunannya jalannya itu di atas kali (sungai). Bagaimana cara bangunnya nggak ada tanah? Kita harus bangun lagi di pinggir kali, dengan hanya ada tanah setengah jalur mobil ini. Bagaimana cara bangunnya? Kita bangun ke atas. Tingginya bisa sampai 30 meter,” katanya.

Adapun biaya investasi pembangunan tol ini mencapai Rp 13 triliun. Terbangunnya tol layang ini diharapkan dapat membantu kelancaran arus kendaraan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Sulistio mengatakan, pembangunannya akan dimulai pada pertengahan November 2018 ini. Groundbreaking akan dimulai dari Ancol Timur.

“Insya Allah pertengahan bulan November (groundbreaking),” katanya kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Tito mengatakan tol tersebut akan menjadi tol bertingkat (double decker) terpanjang di dunia. Pembangunannya dibuat bertingkat karena adanya keterbatasan lahan di sepanjang jalur yang dilalui.

“Bayangin, nanti itu pembangunannya jalannya itu di atas kali. Bagaimana cara bangunnya nggak ada tanah? Kita harus bangun lagi di pinggir kali, dengan hanya ada tanah setengah jalur mobil ini. Kita bangun ke atas. Panjangnya 9,2 km, akan menjadi terpanjang di dunia untuk double decker,” kata Tito.

Dimulai dari junction ancol hingga junction Pluit, Harbour Road 2 Tol akan terkoneksi dengan harbour road 1 dan Jakarta Outer Ringroad W1-W2. Tol ini dibangun dengan struktur elevated dan bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Harbour Road 1. (mb/detik)

Pos terkait